Cara Membuat Blog Gratis – Banyak orang yang ingin memulai blog di era digital ini. Meskipun gratis atau berbayar. Banyak blogger baru mendapat kesan bahwa mereka dapat menghasilkan uang secara online hanya dengan memulai sebuah blog. Tidak apa-apa jika Anda memegang pandangan ini, tetapi sangat sulit untuk diterapkan jika Anda baru memulai pemasaran internet. Namun, Anda dapat mencapai semua ini jika Anda gigih dalam keinginan Anda untuk belajar dan tidak pernah menyerah.

Ada dua hal yang harus Anda ketahui sebelum mempelajari cara memulai blog :

  • Memulai sebuah blog itu sederhana, tetapi butuh usaha untuk membuatnya sukses. diadaptasi dari panduan sumber daya
  • Fakta bahwa Anda telah mengunjungi beberapa blog terpopuler di Indonesia mungkin menjadi faktor keinginan Anda untuk memulai blog Anda sendiri.

Anda telah datang ke tempat yang tepat jika Anda mencari platform blogging gratis!

Pada awalnya, blog digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan ide dan buku harian melalui penerbitan entri. Dalam beberapa tahun terakhir, blog juga telah dimanfaatkan sebagai cara untuk menghasilkan uang dengan menjual produk di internet.

Begitu banyak platform blogging gratis yang tersedia, antara lain tumblr (tumblr.com), wordpress (wordpress.com), blogger (blogger.com), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebuah penemuan baru-baru ini mengungkapkan bahwa github tidak hanya memungkinkan pengkodean media sosial, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat blog.

Namun, saya akan menunjukkan cara melakukannya, bagaiman cara membuat blog gratis di artikel ini. Apa yang kami miliki di sini adalah Blogger, platform blog yang dikembangkan oleh Google yang sempurna untuk pemula.

Apa itu Blogger?

Cara Membuat Blog Gratis Untuk Pemula, Panduan Lengkap
source : pixabay.com

Pyra Labs dan Google membeli Blogger pada tahun 2003, yang merupakan layanan penerbitan blog. Subdomain blogspot.com biasanya digunakan untuk blog yang dihosting oleh Google. Hingga 1 Mei 2010, Blogger mengizinkan penggunanya untuk memposting blog mereka melalui FTP ke server lain.

Opsi URL Kustom masih memungkinkan pengguna untuk menggunakan nama domain mereka sendiri setelah tanggal tersebut, namun semua blog harus disimpan di server Google setelah tanggal tersebut.

Misalnya, Blogger adalah bagian dari kategori yang dihosting. Memiliki blog Anda yang dihosting menyiratkan bahwa itu muncul di situs mereka. Hasilnya, URL blog Anda akan menjadi seperti: myblog.blogspot.com.

Meski begitu, Anda tetap bisa menggunakan nama domain Anda sendiri, seperti myblog.com, sebagai alamat URL blog Anda.

Hal yang menarik dari bloo ini adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan dari platform ini. Selengkapnya bisa simak ulasan Cara Gampang Dapat Uang dari Blog, Begini Caranya!

Panduan Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

Jadi bagaimana Anda memulai dengan blog di Blogger? Cara membuat blog gratis lengkap ada pada ulasan berikut ini :

Langkah-langkah Apa yang perlu Anda ketahui tentang memulai sebuah blog!

  • Langkah pertama adalah pergi ke blogger.com. Bagi anda yang sebelumnya pernah membuat blog di blogger, tampilan blogger baru ini mungkin sedikit membingungkan. Bagaimanapun, Anda tidak perlu bingung karena membuat blog dengan gaya baru atau lama pada dasarnya identik.
  • Klik Buat Blog Anda untuk melanjutkan.
  • Kemudian, Anda harus masuk dengan akun Gmail Anda. Jika Anda belum memiliki akun Gmail, Anda dapat mendaftar di sini. Silakan lakukan dengan memasukkan alamat Gmail Anda dan klik Next seperti yang ditunjukkan pada contoh.
  • Sebagai langkah terakhir, ketikkan kata sandi gmail Anda. Sekarang klik “Enter.”
  • Untuk mengakses Blogger, Anda harus terlebih dahulu membuat akun di G+ atau Blogger. Saya akan menunjukkan cara membuat profil Google+ dalam pelajaran ini. Klik Buat Akun Google+ untuk memulai prosedur.
  • Masukkan informasi pribadi Anda dan klik Buat Profil untuk menyelesaikan prosesnya.
    Ubah avatar Anda dengan mengklik tanda +, lalu pilih gambar untuk digunakan sebagai avatar Anda, dan klik Simpan. Untuk menghindari langkah ini, Anda cukup mengklik opsi “Lewati”.
  • Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah mengautentikasi profil Google+ Anda. Dengan memilih Lanjutkan ke Blogger, Anda akan diarahkan ke Blogger.
  • Dengan mengeklik tautan ini, Anda akan diarahkan ke tampilan lain dari dasbor Blogger. Anda dapat memulai blog dengan mengklik tombol Buat blog baru.
  • Masukkan data blog yang ingin Anda gunakan selanjutnya.
    – Nomor 1 adalah nama blog yang ingin Anda gunakan.
    – Nomor 2 adalah URL untuk blog yang ingin Anda gunakan.
    – Template blogger yang digunakan adalah nomor 2.
  • Penting untuk memeriksa status alamat blog yang Anda gunakan sebelum memposting. agar tombol blog dapat diklik.
  • Ada kemungkinan tombol “Buat Blog” diblokir jika URL Anda tidak tersedia (tidak dapat diklik).
  • Sampai Anda menemukan deskripsi untuk URL blog ini, masukkan URL lain yang Anda pilih. Terakhir, pilih Buat Blog untuk memulai.
  • Anda telah sampai sejauh ini dalam proses membuat blog di Blogger. Aman!
  • Klik tombol Lihat Blog untuk melihat pratinjau blog yang baru Anda buat.

Seringkali, template yang tersedia di Blogger kurang menarik. Hasilnya, Anda memiliki kebebasan penuh untuk menyesuaikan template Blogger sesuai keinginan Anda. Tapi pertama-tama, ada baiknya Anda membiasakan diri dengan opsi menu dasbor Blogger.

Menggunakan Menu Blogger secara Maksimal

Di dasbor Blogger baru, akan ada beberapa perubahan pada lokasi menu. Dan saya akan menunjukkan cara menggunakan menu Blogger di tampilan baru di paragraf berikutnya.

Ini menunjukkan semua posting blog Anda, termasuk yang telah diterbitkan dan yang belum diterbitkan. Anda juga dapat dengan cepat menghapus beberapa posting dari menu ini.

  • Statistik Menghitung jumlah pengunjung blog Anda setiap hari dan setiap bulan. Statistik ini juga dapat dilihat di menu ini di bawah “Sumber Pengunjung”. Sebagai metrik untuk mengukur keberhasilan blog Anda, data yang ditampilkan melalui menu ini benar-benar akurat.
  • Pada menu ini, Anda dapat menyetujui, membatalkan, atau bahkan menghapus komentar yang ditinggalkan pengunjung di situs Anda.
  • Ini menunjukkan menu AdWords saat kampanye sedang berjalan. Adwords dapat digunakan untuk mempromosikan blog Anda. Membayar biaya adalah langkah pertama untuk menggunakan layanan Google AdWords. Halaman yang sudah terbit, maupun yang masih dalam bentuk draft, bisa dilihat di halaman ini. Tampilan dan nuansa blog Anda dapat dilihat di bagian Tata Letak. Di area ini, Anda memiliki kendali penuh atas tampilan widget blog Anda.
  • Template digunakan untuk menawarkan opsi penyesuaian untuk blog Anda. Silakan kunjungi halaman ini jika Anda ingin mengubah atau mengubah desain blog Anda.
  • Pengaturan lanjutan blog Anda ditampilkan di sini, termasuk kemampuan untuk mengubah hal-hal seperti posting dan komentar blog Anda, bersama dengan berbagai opsi lainnya.

Postingan di tampilan Blogger baru: bagaimana cara melakukannya?

Cara Menulis Postingan Baru di Blog

Tombol entri baru akan muncul setelah Anda mengklik menu posting; klik tombol itu untuk mulai memposting.
Anda harus membiasakan diri dengan beberapa tombol menu atau navigasi sebelum Anda mulai menulis:

  1. Judul posting/artikel Anda
  2. Mode penulisan dan mode HTML adalah dua opsi pembuatan konten Blogger. Mode penulisan digunakan secara default dalam mode penulisan konten.
  3. Bilah alat pemformatan menu ketiga adalah tempat Anda akan mengerjakan pemformatan teks konten Anda.
  4. Tombol yang berguna untuk memublikasikan, menyimpan, atau melihat pratinjau konten Anda dapat ditemukan di bagian bawah halaman.
  5. Ada beberapa opsi menu di konten Anda. Sebagai contoh, Anda dapat memberikan label atau kategori konten dan tautan permanen Anda.
  6. Langkah terakhir adalah menyusun materi Anda, yang dapat Anda lakukan di langkah enam.

Mengubah desain blog Blogger

Meskipun template Blogger kurang menarik, kita dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan kita dan itu akan lebih menarik dalam jangka panjang.. Gooyabitemplates atau Btemplate dapat digunakan untuk mencari template blogger. Namun, jika Anda menyukai template Brosense Mas Sugeng, Anda dapat mengunduhnya disini.

  1. Buka dasbor blogger Anda dan klik opsi Template.
  2. Kemudian, di pojok kanan atas, pilih Backup/Restore
  3. Klik Browse untuk memulai pencarian Anda.
  4. Pilih templat yang ingin Anda gunakan dari kotak dialog Windows baru yang muncul, lalu klik OK. XML adalah format file yang digunakan oleh template Blogger.
  5. Kemudian, klik Unggah untuk mengunggah template baru untuk situs Anda di Blogger.

Untuk pengecekan untuk mengetahui apakah template blog anda sudah berubah. Pada menu Lihat Blog, silahkan klik.

Ya.! Hasilnya, Anda telah membuat blog di Blogger dan menyesuaikan desain/templatenya agar lebih sesuai dengan selera Anda.

Lalu, apa langkah selanjutnya?

Setelah Anda meluncurkan blog, ada banyak tugas yang dapat Anda lakukan. Sebagai contoh, Anda perlu mengatur menu, gaya blog, widget, dan banyak hal lainnya untuk membuat blog yang sukses!

Segera setelah Anda berhasil membuat blog Blogger, Anda harus mengganti nama domain dari blogspot.com ke ekstensi domain TLD. Dengan begitu, blog Anda akan terlihat lebih profesional, terutama jika Anda sedang membangun situs web toko online untuk sebuah bisnis.

Tidak perlu khawatir tentang biaya nama domain karena beberapa pendaftar domain sekarang menawarkan diskon domain TLD yang sangat rendah.

Penutupan

Anda cukup membuat blog di bawah antarmuka Blogger baru dengan mengikuti tutorial sederhana ini. Setelah membandingkan, ternyata pandangan baru dan lama tentang cara memulai blog memiliki beberapa perbedaan. Namun, dasar-dasarnya sama.

Itulah beberapa langkah cara membuat blog gratis yang bisa Anda lakukan.

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!