Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Limit Google Drive Terbaru

Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Limit Google Drive Terbaru

mr-ell.comCara mengatasi limit Google Drive, mulai dari limit penyimpanan hingga kuota download bisa kamu lakukan dengan cepat dan mudah.

Google Drive merupakan layanan penyimpanan berbasis Cloud yang dikembangkan oleh Google, kemudian tersedia secara gratis. Banyak orang yang menggunakan Google Drive untuk menyimpan berbagai dokumen.

Pengguna Google Drive kini dapat membagikan dokumen yang tersimpan di Google Drive, yaitu hanya dengan membagikan link. Tentunya, hal ini dapat menghemat penyimpanan perangkat. 

Bagi pengguna Google Drive gratis, terdapat limit penyimpanan yang akan dikenakan, yaitu sebesar 15 GB. Sedangkan untuk download file, sebenarnya tidak dikenakan limit. 

Namun, ada beberapa kasus di mana pengguna berbagi file dengan banyak orang. Lalu, mereka mengunduhnya dalam waktu yang hampir bersamaan. Jadi, Google akan mengunci file dari unduhan berikutnya selama 24 jam agar tidak terjadi penyalahgunaan.

Cara Mengatasi Limit Google Drive Terbaru

Ada beberapa cara untuk mengatasi limit Google Drive jika penyimpanan sudah penuh, di antaranya adalah:

1. Menghapus Data

Data sebesar 15 GB Google Drive mencakup penyimpanan Google Drive, Gmail, dan Photos. Kamu bisa menghapus berbagai file tidak penting agar penyimpanan lebih lega, sehingga dapat menyimpan dokumen lainnya yang lebih penting sifatnya. 

2. Melakukan Upgrade

Kamu bisa menambah storage Google Drive menjadi 100 GB, 200 GB, atau 2 TB dengan membayar setiap bulannya. Setelah upgrade penyimpanan, secara otomatis kamu akan menjadi anggota Google One. 

Berikut ini adalah cara mengatasi limit Google Drive PC, dikutip dari halaman bantuan Google:

1. Pilih Storage di Google Drive

Buka browser di komputer atau laptop kamu. Lalu, pastikan kamu sudah masuk ke akun Google. Selanjutnya, buka one.google.com. Klik tab ‘Storage’ di sebelah kiri, kemudian klik tombol ‘Get more storage’.

2. Tentukan Batas Penyimpanan yang Diinginkan

Pilih batas penyimpanan yang kamu inginkan. Kemudian, lakukan pembayaran lewat kartu kredit/debit, ShopeePay, Dana, Doku, Gopay, atau kode reedem. Setelah itu, setiap bulannya pembayaran akan diperpanjang secara otomatis kecuali kamu mengubah paketnya.

Cara Mengatasi Limit Google Drive yang Tidak Bisa Download.

Seperti yang telah disebutkan, pengguna tidak memiliki batas limit untuk download file di Google Drive. Namun, jika di waktu yang berdekatan terjadi unduhan oleh banyak orang, maka Google akan mengunci file tersebut untuk mengurangi penyalahgunaan. 

Kamu mungkin akan mendapatkan pesan berisi “Download quota is exceeded” atau “Sorry you can’t view or download this file at this time” saat ingin mengunduh file yang sudah dikunci oleh Google. 

Hal ini sering terjadi pada file di Google Drive yang dibagikan secara umum, seperti menaruh link-nya di blog, media sosial, atau dibagikan lewat chat.

Mengutip laman Help Desk Geek, berikut ini merupakan tutorial cara mengatasi limit Google Drive saat download file:

1. Sebagai Pengunduh File

Kamu bisa menyalin file yang dibagikan dan sudah mencapai batas limit unduhan ke akun Google Drive pribadi agar dapat mengaksesnya dengan mudah. Berikut adalah caranya:

Buka akun Google Drive pribadimu. 

Buka link download file. Jika kamu sudah masuk ke akun Google, secara otomatis file tersebut akan masuk ke dalam Google Drive dan kamu akan melihatnya di bagian atas. Namun, tidak jelas di mana file tersebut disimpan. 

Buat salinan file tersebut ke Google Drive pribadimu dengan cara klik ‘File‘ dan pilih ‘Make a copy‘. Selanjutnya, pilih lokasi penyimpanan dan klik ‘OK’. 

Kamu juga bisa melakukannya lewat Google Drive, yaitu klik tab ‘Shared with me‘ di bagian kiri. Kemudian, klik kanan file yang ingin diunduh dan pilih ‘Make a copy’. 

Setelah itu, cari file hasil salinan dan unduh file tersebut. 

2. Sebagai Pemilik File

Jika kamu pemilik file dan mendapatkan laporan bahwa file tersebut sudah mencapai batas limit download, maka kamu hanya cukup membuat salinan file dengan klik kanan. Lalu, klik ‘Make a copy’ dan membagikan link untuk file salinan yang baru. 

Sehingga, orang-orang yang tidak bisa download file tersebut karena limit, bisa memperoleh file yang sama. 

Itulah cara mengatasi limit Google Drive yang dapat kamu coba. Melalui cara di atas, pekerjaan kamu tidak akan terhambat lagi.

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!