Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Mr-ell.com – WhatsApp telah melampaui semua aplikasi perpesanan lainnya untuk menjadi yang paling populer di dunia, dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif setiap hari.

Selain jumlah pengguna yang sangat besar, ada sejumlah besar informasi yang dibagikan di antara mereka. Orang-orang penting dan terkemuka, serta orang-orang biasa, secara rutin terhubung melalui WhatsApp.

Jangan kaget jika perangkat lunak berbahaya dikembangkan oleh pihak ketiga untuk meretas komunikasi pribadi di WhatsApp, meskipun faktanya layanan tersebut telah mengadopsi enkripsi end to end.

Dan jika akun WhatsApp Anda telah disadap atau diakses oleh pihak ketiga, bagaimana Anda bisa mengetahuinya? Ini berdasarkan informasi dari beberapa sumber yang sudah mr-ell.com rangkum.

1. Pengguna tidak dapat login

Satu nomor telepon hanya dapat digunakan dalam satu aplikasi WhatsApp, yang disebut sebagai login satu perangkat di aplikasi ini.

Nah, jika Anda tiba-tiba keluar atau logout dari aplikasi WhatsApp tanpa mengenalinya, bisa jadi ada orang lain yang menggunakan nomor ponsel Anda untuk masuk ke aplikasi WhatsApp dan mengakses informasi akun Anda.

Daripada kata sandi tradisional, WhatsApp biasanya memerlukan kata sandi satu kali atau kode OTP, yang diberikan langsung ke nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar ke layanan tersebut.

Jangan pernah membagikan kode OTP Anda dengan orang lain karena alasan ini.

Jika nomor telepon telah disalin, peretas mungkin juga dapat membuka pesan masuk yang berisi OTP dalam situasi ini.

2. Tidak dapat melakukan atau menerima panggilan telepon menggunakan WhatsApp

Menurut beberapa sumber, jika pengguna tidak dapat melakukan panggilan melalui WhatsApp, ini bisa menjadi petunjuk bahwa akun mereka telah disadap oleh pihak ketiga.

3. Buka situs Web WhatsApp, lakukan kroscek

WhatsApp Web adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp dari browser web di perangkat laptop atau komputer, sehingga dapat menghemat waktu dan uang. Fungsi ini sangat penting bagi pengguna yang mengakses WhatsApp dari komputer, tetapi juga memungkinkan peretas dan pihak ketiga lainnya untuk mengakses akun WhatsApp di sisi lain.

Jika akun WhatsApp Anda telah disusupi, Anda dapat memeriksanya dengan membuka Pengaturan atau menu Tiga titik di kanan atas aplikasi, lalu memilih WhatsApp Web.

Jika ternyata Anda login di perangkat yang tidak Anda kenal dengan lokasi yang tidak dikenal, pilih logout atau keluar dari semua perangkat dari menu drop-down.

Dari perangkat iOS, Anda dapat melakukan tindakan ini dengan memilih Pengaturan di sudut kanan bawah, lalu memilih WhatsApp Web dan mengonfirmasi bahwa perangkat telah ditautkan. Anda harus memilih untuk keluar dari semua perangkat jika perangkat tidak dikenali oleh sistem.

4. Pesan Sudah Terbuka, Padahal Anda tidak belum membuka pesan tersebut

Indikasi lain bahwa akun WhatsApp Anda telah disadap oleh pihak ketiga adalah pesan telah dibaca meskipun Anda tidak membuka pesan itu sendiri.

Ini adalah pemeriksaan ganda, yang berubah menjadi biru jika fitur ini telah diaktifkan sebelumnya.

Namun, meskipun pengguna tidak mengaktifkannya, ia masih dapat menentukan apakah pesannya telah dibaca atau tidak dengan memeriksa apakah pemberitahuan nomor di setiap obrolan hilang atau tidak.

Orang lain mungkin telah membuka obrolan WhatsApp Anda jika pengguna belum melihat pesan dari kontak tetapi nomor notifikasi tidak lagi terlihat di layar.

5. Mengirim pesan sendiri, meskipun pengirimnya bukan Anda

Petunjuk lain bahwa akun WhatsApp telah disusupi adalah adanya pesan yang belum pernah kami kirim sebelumnya. Dari situ terlihat ada pihak lain yang mengintip percakapan WhatsApp kita.

6. Baterai Cepat Habis

Indikator lebih lanjut bahwa WhatsApp sedang disadap adalah ketika baterai perangkat cepat habis dalam waktu singkat.

Meskipun baterai yang habis bukan merupakan bukti konklusif bahwa WhatsApp telah disusupi, ini bisa menjadi tanda bahwa aplikasi di smartphone, termasuk WhatsApp, tetap berfungsi meskipun pengguna tidak menggunakannya secara aktif.

Itulah beberapa informasi yang mr-ell.com rangkum terkait rubrik cara mengetahui whatsapp disadap. Semoga informasi ini bermanfaat.

Penulis : Linta Fahmadini
Editor: Linta Fahmadini

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!