Langkah Menjadi Blogger Sukses dan Kesalahan Yang Harus Dihindari

Untuk menjadi seorang blogger, apa yang harus Anda lakukan terlebih dahulu? Sangat sederhana. Setelah Anda memiliki blog, yang harus Anda lakukan hanyalah memposting materi.

Namun, tidak ada cara mudah untuk menjadi blogger sukses seperti Sugeng Riyadi atau Iwan Banaran. Untuk menjadi sukses, beberapa hal harus dilakukan. Ini adalah fakta yang sedikit diketahui.

Rahasia menjadi blogger profesional yang sukses akan terungkap dalam esai ini. Semuanya dimulai dengan persiapan blog dan diakhiri dengan metode yang mungkin digunakan seorang blogger untuk menghasilkan uang sebagai seorang blogger.

Langkah-langkah Untuk Menjadi Blogger Sukses

Setahu saya, tidak mungkin bisa menjadi sensasi dalam semalam sebagai seorang blogger. Semuanya harus dicapai dalam langkah-langkah kecil, dan setiap langkah harus didahului dengan perencanaan yang matang.

Saat memulai blog baru, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

1. Tetapkan tujuanmu

Untuk menjadi blogger pemula yang sukses, Anda harus terlebih dahulu memahami tujuan blogging. Pertama dan terpenting, Anda tidak boleh melewatkan langkah ini.

Anda akan tahu bagaimana membangun blog Anda jika Anda memiliki tujuan dalam pikiran. Juga, jalan apa yang akan diambil blog di tahun-tahun mendatang.

Ini sangat penting karena blogging adalah upaya jangka panjang yang tidak menghasilkan imbalan langsung. Dibutuhkan banyak waktu dan usaha untuk membangun bisnis yang sukses.

Apa yang ingin Anda capai dengan terlibat dalam aktivitas blog? Untuk meningkatkan kemampuan menulis seseorang, berbagi pengetahuan, dan menghasilkan uang secara online.

Sebelum Anda mulai membuat blog, buatlah daftar hasil yang Anda inginkan.

2. Tentukan Topik

Sangat mudah untuk menemukan topik untuk blog Anda karena ada begitu banyak pilihan. Namun, bukan berarti Anda bisa ngeblog tentang apa saja, kan?

Anda cukup memilih satu masalah untuk menjadi fokus. Untuk jangka panjang, fokuslah pada subjek.

Pilih topik untuk blog Anda berdasarkan apa yang Anda sukai dan apa yang Anda ketahui. Alhasil, mengelola blog atau kehabisan ide baru tidak pernah menjadi masalah.

Selain itu, pilihlah isu yang paling relevan dengan masyarakat luas. Anda biasanya dapat mengetahui hal ini dengan melihat jumlah pencarian yang dilakukan di internet.

Segala sesuatu mulai dari teknologi hingga mode dan segala sesuatu di antaranya tercakup di sini. Mungkin juga topik ini berbentuk pembicaraan tertentu seperti resensi buku dan rekomendasi film, serta berbagai ide produktivitas.

3. Pilih Platform yang Sesuai

Untuk menjadi blogger yang sukses, Anda harus terlebih dahulu memilih platform blog. Pertumbuhan blog Anda akan terhambat jika Anda memilih platform yang salah.

Banyak solusi platform saat ini tersedia. Tentukan pilihan Anda berdasarkan tujuan dan kemampuan Anda. Untuk memulai, sebaiknya gunakan CMS (Content Management System).

Dimungkinkan untuk menggunakan WordPress sebagai CMS. Dengan platform ini, Anda dapat mengelola blog Anda bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman coding sama sekali.

Baca Juga :

Tidak hanya itu, WordPress juga merupakan platform yang ramah mesin pencari. Dengan kata lain, ini akan membantu peringkat blog Anda lebih tinggi di halaman beranda Google.

Jika Anda ingin menjadi blogger yang sukses, Anda perlu mengetahui setidaknya sembilan hal. Untuk memulai, pilih metode yang menurut Anda paling sederhana dan lanjutkan ke metode yang lebih sulit.

Nilai jual utama blog Anda adalah kontennya, khususnya artikelnya. Artikel yang Anda tulis akan memiliki kualitas yang sangat baik jika Anda memiliki keterampilan menulis yang baik.

Sayang sekali jika Anda memiliki topik blog yang bagus dan konten yang berharga tetapi tidak dapat mengomunikasikannya secara efektif?

Jangan lupa untuk selalu mengasah bakat menulis Anda. Jika Anda baru saja memulai sebuah blog atau sedang mencoba meningkatkan kecepatannya, strategi ini cocok untuk Anda.

Apa yang harus saya lakukan?

  • Buat penjelasan Anda sesederhana mungkin. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah orang yang dapat memahami apa yang Anda tulis. Itu karena audiens Anda mungkin berasal dari berbagai latar belakang, dengan tingkat pemahaman yang berbeda-beda.
  • Kalimat dan paragraf pendek lebih disukai. Ada kalanya paragraf besar (dinding teks) menyulitkan pembaca untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan.
  • Jangan menggunakan banyak koma. Kalimat yang menghilangkan detail penting harus dihindari dengan cara apa pun. Ingat, pembaca datang ke situs Anda untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.
  • Penting untuk memperhatikan struktur artikel. Artikel Anda mungkin tidak dibaca secara keseluruhan oleh semua orang yang menemukannya. Skimming (atau membaca cepat) adalah praktik umum bagi orang yang mencari informasi tertentu. Gunakan heading untuk membantu pembaca Anda menavigasi konten Anda. Postingan Anda akan lebih mudah dipahami jika memiliki struktur yang layak.
  • Fokus pada rentang subjek yang sempit. Menyediakan pembaca dengan artikel yang berfokus pada subjek tertentu membantu pembelajaran mereka. Tidak apa-apa untuk membagi topik jika menurut Anda itu terlalu luas. Setelah itu, lebih mengenal satu sama lain.

Untuk menjadi blogger yang sukses, Anda harus berlatih menulis dalam teknik yang diuraikan di atas secara teratur.

4. Jadilah Manajer Waktu yang Baik

Blogger bukan satu-satunya yang menggunakan teknik ini. Akibat dari manajemen waktu yang buruk, banyak blogger yang tidak dapat mencapai tujuannya.

Apakah ada waktu yang lebih baik untuk memposting di internet?

Secara umum, aktivitas blogging tidak perlu dilakukan pada waktu tertentu dalam sehari. Namun, karena ada begitu banyak yang harus dilakukan, tepat waktu sangat penting.

Ketika saatnya untuk merencanakan konten, menerbitkan artikel, dan mengoptimalkan blog Anda, Anda akan mengetahuinya karena Anda dapat melihat perkembangannya.

Untuk menjadi blogger yang baik, penting untuk mengatur waktu Anda dengan baik.

  • Tentukan audiens untuk posting Anda. Anda dapat memperkirakan berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk blogging jika Anda tahu untuk apa. Jika Anda baru memulai, Anda dapat memulai dengan satu posting dalam seminggu.
  • Manfaatkan waktu yang Anda miliki untuk bekerja. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat, bekerjalah saat Anda paling produktif. Banyak blogger, misalnya, lebih jago menulis di pagi hari. Pada malam hari, beberapa orang mampu menulis lebih cepat. Manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin jika tersedia.

Cara terbaik untuk melacak pikiran Anda adalah dengan mencatatnya kapan saja. Saat terlibat dalam tugas lain, tidak jarang mendapatkan ide untuk konten baru. Tidak ada yang peduli. Mulailah dengan mencatat beberapa catatan, lalu kerjakan proyek Anda pada waktu yang tepat.

Lakukan sedikit hal yang sama Melakukan banyak tugas sekaligus dapat membantu Anda menyelesaikan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Anda dapat, misalnya, mengerjakan draf konten yang berbeda secara bersamaan. Ini juga memungkinkan untuk mengoptimalkan gambar di beberapa artikel yang berbeda sekaligus.

Anda akan dapat menyesuaikan diri dengan lebih banyak aktivitas blogging jika Anda pandai dalam manajemen waktu. Hasilnya, Anda telah melakukan pencarian kerja dengan cara yang tepat untuk menjadi seorang blogger profesional.

5. Lanjutkan Belajar dan Eksplorasi Anda.

Pengunjung blog tidak hanya mencari konten yang bermanfaat, tetapi juga mencari ide dan perspektif segar.

Dengan kata lain, jika Anda ingin lebih banyak pengunjung situs web, Anda harus selalu belajar sesuatu yang baru. Akibatnya, Anda dapat terus memproduksi konten baru dan menarik untuk dinikmati pembaca Anda.

Membaca buku dan sumber resmi lainnya mungkin juga membantu Anda mempelajari hal-hal baru.

Jika Anda ingin menjadi blogger yang sukses, Anda harus mengembangkan keterampilan berikut:

  • Pengeditan gambar. Anda akan lebih mudah membuat grafik jika Anda ahli dalam mengedit gambar. Blog Anda akan lebih menonjol jika Anda mampu mendesain dan menghasilkan semua gambar yang Anda gunakan.
  • Pemrograman. Dimungkinkan untuk menjalankan blog tanpa pengetahuan pemrograman. Mengetahui sedikit kode, di sisi lain, dapat berguna untuk hal-hal seperti kinerja dan keamanan blog.
  • Optimisasi mesin pencari (SEO) (Search Engine Optimization). Jika Anda tidak mengikuti perubahan dalam SEO, Anda tidak akan dapat mengoptimalkan blog Anda secara efektif. Tujuannya adalah untuk menjaga blog Anda di halaman pertama hasil mesin pencari.
  • Buat koneksi. Tidak mungkin berhasil sebagai blogger kecuali Anda memiliki jaringan teman dan rekan yang kuat. Dengan sesama blogger, ini terutama benar. Ketika Anda tahu bagaimana mengembangkan jaringan, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dilihat oleh audiens yang lebih besar.

Mengingat konten blog, Anda sudah memiliki ide bagus tentang apa yang perlu Anda pelajari lebih lanjut. Pertahankan latihan rutin ini.

6. Jadilah Komunikator yang Baik

Membuat komunikasi dengan pembaca menjadi kesalahan bisa menjadi penghalang jalan menuju kesuksesan blogging.

Sebagai seorang blogger profesional, Anda menyadari hal ini dan selalu berusaha untuk meningkatkan upaya komunikasi Anda dengan pembaca Anda.

Bagian komentar dari sebuah blog adalah tempat seorang blogger dan pembaca utama mereka berkomunikasi. Namun, pertanyaan yang dikirimkan melalui akun media sosial blog Anda juga dapat diterima.

Saat Anda mencoba untuk terhubung dengan audiens Anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

Jadilah selengkap mungkin dalam tanggapan Anda. Semua komentar, kecuali spam, harus ditangani segera setelah diterima. Untuk melakukannya, sisihkan waktu tertentu setiap hari untuk meninjau semua komentar yang telah diterima.

Jawab komentarnya langsung. Banyak program dapat secara otomatis menanggapi komentar yang masuk. Selain itu, selalu merupakan ide yang baik untuk menanggapi setiap komentar sendiri. Selain memberikan respon yang lebih akurat, audiens akan merasa lebih terhubung dengan pembicara.

Gunakan penilaian Anda sendiri saat menanggapi komentar orang lain. Jawab pertanyaan pengunjung secara singkat dan jelas sesuai dengan topik yang dibahas. Memperluas percakapan ke topik yang tidak terkait tidak ada gunanya.

  • Bicaralah dalam istilah dasar. Jika Anda harus menjawab komentar dengan jargon atau akronim, berikan penjelasan yang jelas. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa jawaban Anda dapat dimengerti oleh khalayak seluas mungkin.
  • Bersikap sopan saat menanggapi umpan balik. Anda tidak selalu setuju dengan pendapat yang diungkapkan oleh pengunjung situs. Jangan menyerah untuk menjelaskan mengapa Anda tidak sependapat dengan orang yang Anda ajak bicara.

7. Buat Jaringan Jangkauan Luas

Pembuatan konten mungkin bisa menjadi pilihan untuk Anda. Namun, bermitra dengan pihak lain bisa menjadi teknik yang berguna untuk mengembangkan blog.

Bagaimana bisa?

Upaya untuk mempromosikan blog Anda mungkin disederhanakan. Karena jika Anda tidak mempromosikan blog Anda, akan memakan waktu lebih lama untuk berkembang.

Selain itu, Anda akan dapat menemukan informasi bermanfaat berupa jawaban atas masalah blogging yang Anda temui..

Apa yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan lingkaran sosial yang besar?

  • Jadilah bagian dari grup. Tidak lama kemudian komunitas blogging Indonesia ditemukan. Komunitas Blogger Jakarta, Komunitas Blogger Kecantikan Indonesia, dan sebagainya adalah contoh yang baik. Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi anggota komunitas tersebut.
  • Mulailah dengan memperkenalkan diri Anda kepada orang lain. Bagikan fakta penting dengan orang lain sebelum mengandalkan pihak lain. Anda dapat menjawab pertanyaan anggota lain di forum. Selain itu, Anda dapat memposting tautan ke entri blog yang relevan dari anggota komunitas.
  • Undang orang lain untuk bergabung dengan Anda dalam upaya Anda. Undang blogger lain untuk berkolaborasi dengan Anda dalam pembuatan konten. Ini sangat penting bagi blogger yang ahli dalam bidang tertentu. Pilihan lainnya adalah membuat artikel sebagai “posting tamu” di blog mereka.
  • Jangan membatasi diri Anda pada satu subjek. Bertemanlah dengan berbagai macam blogger, bahkan jika mereka menulis tentang tema yang tidak terkait dengan tema Anda sendiri. Meski tidak bisa langsung berkolaborasi dalam materi, Anda tetap bisa mendiskusikan informasi terkait blogging.

Akan lebih mudah bagi Anda untuk memperluas jaringan dan mengembangkan blog Anda jika Anda mengikuti metode yang diuraikan di atas.

8. Luangkan Waktu untuk Pekerjaan Anda

Postingan terbaru akan selalu muncul di bagian atas blog Anda secara default. Ada persepsi bahwa situs Anda tidak terpelihara dengan baik jika pengunjung hanya melihat entri lama.

Akibatnya, tetap di atas segalanya dengan sering memposting konten baru.

Seperti yang Anda duga, menjadi blogger yang sukses tidak selalu merupakan tugas yang mudah. Titik awal yang bagus, terutama untuk pemula. Ada banyak metode untuk menjadi blogger yang sukses. Inilah yang harus Anda capai:

Manfaatkan template. Gunakan templat yang menawarkan opsi pemformatan untuk jenis posting tertentu untuk mempercepat proses pembuatan konten baru. Template dapat dibuat dengan cara yang tidak terbatas. Dengan cara ini, Anda tidak perlu memulai dari awal dengan setiap informasi.

Pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai. Jika produktivitas Anda sedang menurun, bisa jadi Anda sudah kehabisan ide kreatif. Rencana konten Anda akan lebih efisien jika Anda memiliki peta ide yang terdokumentasi dengan baik. Anda dapat menjadi blogger yang lebih efektif dengan menggunakan peta pikiran.

Gunakan metode pomodoro. Sisihkan lima menit setiap 30 menit pembuatan konten untuk beristirahat. Kamu bisa menggunakannya untuk membalas pesan WA, cek email, cuci tangan, dan banyak hal lainnya. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan konten dalam waktu sekitar 25 menit.

Membangun sistem untuk mengelola proyek. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengkategorikan pekerjaan Anda untuk mengatur waktu Anda di kantor dengan lebih baik. Ketika semuanya dikatakan dan dilakukan, Anda dapat membaginya menjadi tiga kategori: direncanakan, dalam proses, dan selesai. Anda dapat melacak hasil Anda dengan alat seperti Trello. Anda akan dapat melihat apa yang harus dilakukan dan apa yang telah dicapai pada titik waktu tertentu.

Buat perubahan pada konten situs web. Jika Anda terjebak untuk ide konten baru, pertimbangkan untuk memperbarui beberapa karya lama Anda. Aspek penting dari produktivitas seorang blogger adalah memperbarui materi blog mereka. Kredibilitas blog Anda mungkin meningkat jika konten Anda terus diperbarui.

9. Kreatif

Pengunjung tertarik ke blog Anda karena berbagai alasan, termasuk konten unik yang Anda posting. Akibatnya, menjadi blogger yang kreatif akan membantu pertumbuhan blog.

Blogger dapat mengekspresikan kreativitas mereka dalam berbagai cara, termasuk:

  • Menyebarkan informasi segar. Membuat konten unik yang belum pernah dilihat sebelumnya mungkin merupakan strategi yang baik untuk blogger. Yang sedang berkata, sangat penting bahwa ini didukung oleh pemahaman yang memadai. Anda dapat melakukan eksperimen sendiri atau melakukan penelitian dari sumber lain. Tips Memutihkan Kulit Tanpa Kosmetik atau Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat misalnya adalah contoh artikel yang bisa ditulis.
  • Mencoba sesuatu yang baru. Jika konten Anda sudah tersedia secara luas di blog lain, Anda masih bisa menonjol dari yang lain dengan menghadirkan pendekatan unik untuk menyajikannya. Jika Anda seorang blogger, ini bisa membantu Anda sukses. Vice Indonesia adalah sumber inspirasi yang baik untuk blog Anda. Ketika datang untuk melaporkan berita, situs ini mengambil pendekatan baru.
  • Manfaatkan semua sumber daya media yang tersedia. Video dan infografis dapat digunakan untuk melengkapi posting blog Anda jika selama ini blog lain baru saja memberikan informasi berbasis teks. Selain itu, jika materi di blog lain hanya bisa dibaca secara online, bisa dibuat versi ebook. Tujuan utamanya adalah agar dapat diakses di mana saja, kapan saja, tanpa koneksi internet.

Pasti ada cara lain untuk memunculkan ide, bukan? Untuk membangun blog Anda, gunakan apa pun yang Anda miliki.

10. Konsistensi

Kunci untuk menjadi blogger yang sukses adalah menjaga jadwal posting yang teratur. Karena butuh waktu untuk sebuah blog untuk menjadi sukses.

Ini adalah tantangan bagi blogger pemula. Setelah melakukan banyak upaya dan hanya memiliki beberapa kunjungan, itu mungkin mengecewakan. Cukup tidak umum bagi blogger baru untuk meninggalkan usaha mereka setelah beberapa minggu atau bulan memposting.

Sebuah blog yang sukses hanya dapat dicapai jika Anda tetap berpegang pada rencana Anda dan menjalankannya sampai berhasil, bahkan jika Anda tidak melihat hasil langsung.

Ini adalah tantangan bagi blogger pemula. Ini dapat mengecilkan hati untuk mengetahui bahwa blog Anda hanya dibaca oleh sejumlah kecil orang.

Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu Anda mengikuti blog Anda:

  • Mulailah dengan menetapkan tujuan kecil. Saya tidak menyarankan menetapkan tujuan yang tinggi untuk diri sendiri ketika Anda baru memulai dengan sebuah blog. Mengapa? Karena gagal memahami konsep ini dapat mengakibatkan kebosanan dan kekecewaan. Yang terbaik adalah memulai dengan tujuan yang dapat dicapai untuk menghindari kekecewaan. Setelah itu, angkat tiang gawang secara bertahap. Ada berbagai cara untuk mencapai tujuan ini, dari berapa banyak kata yang Anda tulis hingga berapa banyak blog yang Anda terbitkan setiap minggu.
  • Posting jadwalnya. Pastikan untuk mengikuti jadwal posting mingguan Anda jika itu yang terbaik untuk Anda. Ini berarti bahwa meskipun Anda telah menerbitkan dua atau tiga konten, Anda harus terus melakukannya.
  • Mulailah rutinitas menulis secara teratur. Melakukan hal yang sama berulang-ulang hingga menjadi kebiasaan akan membuatnya lebih mudah untuk dilakukan. Kebiasaan menulis adalah kebiasaan, dan blog Anda tidak terkecuali. Ini tidak akan merepotkan jika Anda menyukai proses pembuatan konten.
  • Simpan log kemajuan pengukuran Anda. Ketika Anda mendapatkan hasil, itu salah satu hal yang membuat Anda tetap termotivasi untuk terus menulis. Akibatnya, lihatlah apa yang telah Anda capai. Misalnya, jika target jumlah kata harian Anda terpenuhi, atau jika target pengunjung bulanan Anda terpenuhi.

Dengan menggunakan langkah-langkah ini, Anda akan dapat mempertahankan jadwal blogging yang teratur. Sebagai seorang blogger, Anda membutuhkan ini untuk berhasil.

Hindari kesalahan yang dilakukan oleh blogger pemula

Untuk menjadi blogger yang sukses, langkah terakhir adalah menghindari kesalahan pemula saat memulai sebuah blog.

Sebenarnya, sebagian besar blogger pemula membuat kesalahan yang hampir sama. Menghindari kesalahan ini dapat membantu upaya membangun blog Anda menjadi lebih sukses.

  • Salah memilih nama domain blog. Perlu dicatat bahwa nama domain blog Anda cukup signifikan karena terkait dengan persona online Anda. Jika terjadi kegagalan, Anda akan dipaksa untuk memulai dari awal. Jika sebuah blog digunakan untuk mempromosikan bisnis, kerugian tidak dapat dihindari.
  • Motif yang salah ada dalam pikiran. Memiliki blog yang unik adalah suatu keharusan. Namun, perhatikan apa yang diinginkan pengunjung. Misalnya, jika desain blog Anda minim, jangan berlebihan dengan animasi dan pernak-pernik.
  • Menggunakan host web di bawah standar. Keyakinan pengunjung pada blog Anda dibangun di atas pengalaman mereka menavigasi situs Anda. Pengunjung mungkin tidak ingin kembali ke blog Anda jika memuat terlalu lama atau sulit dinavigasi. Dengan server hosting yang tepat, kesuksesan blog Anda bisa meningkat.
  • Hak cipta dilanggar. Semua usaha orang lain harus dipuji. Baik dalam bentuk konten tertulis maupun media visual, misalnya. Pastikan Anda memiliki izin sebelum memanfaatkan foto orang lain. Pastikan untuk memberi kredit kepada penulis aslinya jika Anda menggunakan gambar dari sumber gratis seperti Pixabay.
  • Mengabaikan optimasi mesin pencari. Keberhasilan sebuah blog sangat bergantung pada kemampuannya untuk ditemukan oleh mesin pencari. Traffic blog Anda akan meningkat jika upaya SEO Anda dilakukan dengan benar. Blogger pemula, di sisi lain, cenderung hanya fokus pada konten tanpa mempertimbangkan pentingnya SEO. Dengan kata lain, sebagai akibat dari pertumbuhan pengunjung yang lambat, kemajuan blog juga melambat.
  • Kurangnya ketekunan dalam tindakan. Banyak blogger pemula mengharapkan manfaat langsung dari upaya blogging mereka. Persaingan semakin ketat seiring dengan bertambahnya jumlah blog. Dengan kata lain, dibutuhkan banyak waktu dan kerja untuk membuat blog Anda menonjol dari keramaian. Selain itu, jika Anda ingin membuat pengunjung Anda kembali lagi, Anda harus terus berupaya menyediakan materi baru dan menarik.

Pastikan Anda tidak membuat kesalahan pemula blogging yang umum saat Anda baru memulai. Dengan metode ini, Anda dapat mempercepat proses pertumbuhan audiens blog Anda.

Manfaat Karir Blogging

Sebagai seorang blogger, Anda sudah tahu apa yang perlu Anda lakukan untuk berhasil. Alhasil, apa sih sebenarnya keuntungan menjadi penulis blog?

1. Peningkatan Pengetahuan

Saat menulis posting untuk blog, Anda perlu melakukan riset. Pengetahuan Anda akan tumbuh bahkan saat Anda tidak menyadarinya. Karena jika Anda ingin menghasilkan materi berkualitas tinggi, Anda harus meluangkan waktu dan upaya untuk mempelajari suatu subjek secara menyeluruh.

Seiring berjalannya waktu, Anda akan dapat lebih mendukung informasi yang Anda posting di blog Anda dengan pengetahuan baru. Jika dibandingkan dengan sarana pendidikan yang lebih tradisional, menjalankan blog akan membuat Anda tetap termotivasi untuk mempelajari hal-hal baru setiap saat.

2. Seorang Spesialis Subyek.

Penguasaan suatu mata pelajaran hanya dapat dicapai dengan mempelajari materi pelajaran secara ekstensif. Dalam kasus seperti itu, pembaca Anda akan berpaling kepada Anda sebagai sumber informasi. Anda akan dipandang sebagai otoritas pada subjek dalam arti yang lebih besar.

Blogger Iwan Banaran, misalnya, biasa mengomentari acara mobil di televisi nasional. Karena pemahamannya yang luas tentang mobil, yang dapat dilihat melalui posting blognya.

3. Mencari nafkah

Sebuah blog dapat menghasilkan pendapatan bagi pemiliknya. Memiliki blog adalah salah satu keuntungan menjadi seorang penulis. Tidak perlu menunggu sampai blog Anda menjadi populer untuk mendapatkan hadiah ini.

Blogging bisa menjadi sumber penghasilan di banyak tempat. Ada berbagai cara Anda bisa mendekati ini. 

1. Promosi

Iklan adalah metode paling umum untuk memonetisasi blog.

Bergabunglah dengan salah satu jaringan iklan dan kemudian tambahkan skrip ke blog Anda untuk memulai. Ini kemudian akan menampilkan iklan yang relevan dengan materi pelajaran blog Anda.

Adsense dan Adword adalah dua jaringan periklanan paling populer.

Jenis iklan yang ditayangkan menentukan hasil. Pengunjung yang mengklik iklan di blog Anda akan membayar Anda jika Anda menggunakan iklan BPK.

Akibatnya, biaya setiap iklan ditentukan oleh subjek situs Anda. Sebuah blog tentang mainan anak-anak, misalnya, akan memiliki biaya per iklan yang lebih rendah daripada situs tentang ponsel karena yang terakhir lebih cenderung menampilkan iklan ponsel.

Jika ini adalah sesuatu yang Anda minati, pertama-tama Anda harus membuat akun dengan platform periklanan.

2. Afiliasi

Afiliasi pemasaran adalah cara yang bagus untuk menghasilkan banyak uang. Blogger seperti John Chow, yang mengklaim menghasilkan hingga $83.000 per bulan dengan menggunakan strategi ini, menjadi contoh.

Tautan afiliasi adalah kode, tautan afiliasi, atau spanduk khusus yang Anda tempatkan di situs Anda untuk mendapatkan komisi atas penjualan produk pihak lain yang Anda promosikan.

Tergantung pada setiap jaringan yang Anda pilih, Anda dapat memperoleh jumlah uang yang berbeda. Ada yang menyumbangkan 10% atau 25% dari setiap penjualan yang berhasil.

Dari Niagahoster, Anda dapat berpartisipasi dalam Program Afiliasi Indonesia. Setiap penjualan produk menghasilkan komisi 70% untuk Anda.

Juga Dipertimbangkan: Apa itu Program Pemasaran Afiliasi? Apa sebenarnya keuntungan dari ini?

3. Endors

Anda mungkin pernah mendengarnya sebelumnya. Endorsement adalah cara mempromosikan suatu produk dengan menulis review yang jujur.

Jika blog Anda menjadi populer, Anda mungkin menerima tawaran untuk membantu memasarkan barang dan jasa orang lain. Jika Anda menerima tawaran kerjasama, Anda akan menerima uang dari promosi yang dilakukan.

Anda, sebagai seorang blogger, cukup menulis artikel yang menguraikan fitur dan manfaat produk. Untuk memulai, mari kita lihat banyak fitur dan manfaat yang ditawarkannya.

Tidak perlu khawatir tentang apa yang terjadi. Kemungkinan nilai kerja sama mereka akan meningkat jika mereka puas dengan upaya Anda. Akibatnya, Anda mungkin mengharapkan kenaikan gaji.

4. Jual Barang

Sebuah blog dapat meningkatkan penjualan internet Anda jika Anda memiliki bisnis. Apa pun jenis produk yang Anda jual, fisik atau digital,

Di blog Anda, misalnya, Anda dapat menawarkan produk pakaian jika Anda memiliki banyak konten terkait mode. Calon pelanggan akan menemukan jenis blog ini yang paling menarik. Anda dapat menjawab pertanyaan mereka tentang tren terbaru di blog Anda selain memberi mereka produk berkualitas tinggi.

Jika Anda pandai menulis, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuat ebook. Jika Anda tidak harus berurusan dengan penerbit, tahap ini jauh lebih mudah bagi Anda.

Menyediakan Produk dan Layanan

Blog bisa menjadi sumber penghasilan jika Anda mau berbagi pengetahuan.

Jadi, jika Anda mahir dengan kode, Anda dapat menawarkan untuk membuat situs web untuk orang lain. Namun, Anda harus terlebih dahulu dapat menunjukkan kemampuan Anda melalui blog Anda.

Akan lebih mudah bagi Anda untuk meyakinkan calon konsumen tentang kompetensi Anda jika Anda memberikan materi yang menarik dan berorientasi pada solusi.

Blog bisa menjadi sumber penghasilan jika Anda mau berbagi pengetahuan.

Penutupan

Anda telah memperoleh banyak pengetahuan tentang bagaimana membangun karir yang menguntungkan sebagai seorang blogger. Jika Anda ingin memulai blog yang sukses, inilah tempat yang fantastis untuk memulai.

Anda merasa pusing dengan prospek mengambil alih manajemen jangka panjang blog Anda. Ternyata ada banyak manfaat menjadi seorang blogger, dan itu cukup besar. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menghasilkan uang di internet.

Dari blog, ada berbagai macam cara untuk menghasilkan uang. Dari awal hingga akhir proses periklanan dan penjualan produk. Pilih opsi yang paling sesuai dengan kemampuan Anda. Dan, dengan blog, Anda bisa meraih kesuksesan di internet!

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!