Tips Bekerja di Depan Komputer Agar Tidak Gampang Capek

Tips Bekerja di Depan Komputer Agar Tidak Gampang Capek

Kerja seharian depan komputer ada enak dan nggak enaknya. Bagi gamers, justru sebaliknya. Main game sepuasnya sampe lupa waktu. Namun perlu diperhatiin juga, mata kamu butuh istirahat loh. Inilah 4 tips mata anti capek depan komputer, khusus buat kamu sebagai pekerja dan gamers. Plus satu notes spesial dari mr-ell.com.

1. Pencahayaan ruangan yang cukup

Lampu ruangan terlalu terang, bikin melek. Pencahayaan layar laptop atau ponsel terlalu terang, malah bikin mata sepet. Kalo kayak gini, kamu perlu atur pencahayaan yang pas sama mata kamu.

Misalnya lampu ruangan kamu terang, nggak lebih dan nggak kurang. Nah, kamu bisa sesuain pencahayaan layar laptop dan ponsel. Supaya mata kamu nggak kelelahan.

Baca Juga :

Kasus lain, misalnya lampu ruangan kamu redup, khususnya buat kamu yang suka kerja atau main game di kamar. Aturlah pencahayaan layar laptop atau ponsel. Kalo perlu, pasang mode malam. Mode ini bikin layar laptop dan ponsel kamu berkurang intensitas cahayanya. Warnanya juga jadi agak kuning hingga oranye. Percaya deh gaes, bakal lebih adem dan nyaman di mata.

2. Jarak layar ke mata ideal

Mungkin kamu bertanya-tanya, berapa sih jarak layar ke mata yang ideal? Beberapa sumber nyebutin, sekitar cm. Sumber lain nyebutin cm. Buat kamu, ambillah rentang cm dari mata kamu. Jaraknya juga pas, nggak kekecilan dan kegedean.

Adanya jarak layar ke mata ini baik untuk cegah kamu dari miopia atau rabun jauh. Itu loh, ketidakmampuan mata liat dalam jarak jauh. Jadi pas di jarak dekat, malah terlalu tegang otot matanya. Selain itu, juga ngurangin risiko dari paparan radiasi komputer dan ponsel yang bikin mata kering dan merah.

Awal-awal emang belum biasa. Tapi coba deh, nanti kamu bakal ngerasain hasilnya. Mata kamu jadi jauh lebih rileks, bahkan pas lagi deadline atau main game series.

3. Jangan liat layar tiap 20 menit

FOMO alias fear of missing out atau rasa takut ketinggalan update ini bener-bener lengket ya di kehidupan kita. Nggak sampe 20 menit aja, cek komputer atau ponsel. Ada aja yang diliat.

Boleh dong sesekali kamu istirahat dari layar dulu. Coba 20 menit pertama deh. Awal-awal kayak ada yang hilang atau kurang. Tapi lama-lama, mata kamu bakal balik rileks lagi dan otak bakal ngerekam dan nandain tiap 20 menit itu mesti istirahat dari layar.

Selain istirahat dari layar 20 menit, liat-liat deh di sekitar kamu dengan jarak 20 kaki atau 6 meter. Apa aja, yang penting otot mata nggak setegang pas liat jarak dekat. Lakukan 20 detik ya gaes, sesekali barengin dengan ngedip. Kenapa?

4. Ngedip is the key

Ya, ngedip adalah kunci. Selain istirahat 20 menit sambil ngeliat pemandangan atau objek sekitar kamu dengan jarak 20 kaki dalam waktu 20 detik, ngedip juga diperluin. Soalnya, ngedip adalah aktivitas mata yang dilakukan secara refleks dan spontan. Coba hitung, dalam sehari kamu ngedip berapa kali?

Nggak kehitung kan? Mata kamu selalu ngedip secara otomatis. Ngedip inilah yang bisa cegah mata kering dan lelah. Kadang kalo mata kamu capek banget, pas ngedip suka netes air matanya. Terus ngantuk, lalu tidur deh hihi!

Mulai dari langkah sederhana kayak di atas, udah bantuin mata kamu tetap awet sampe tua. Mata juga perlu dilindungin dari penyakit tertentu, misalnya glukoma, dengan asuransi online.

Penulis : Linta Fahmadini
Editor : Linta Fahmadini

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!