Table of Contents: [Sembunyikan][Tampilkan]
  1. Manfaat SOP:
  2. Fungsi SOP :
  3. 8 Standar SOP Madrasah

Standar Operasional Prosedur (SOP) Madrasah Penyusunan RKM- Dokumen yang memuat proses kerja yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu dengan tujuan mencapai hasil kerja yang paling efektif.

Penggunaan istilah SOP (Standard Operating Procedure) mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang berada di dunia usaha khususnya yang bergerak di bidang industri.  Namun dalam dunia pendidikan, standar operasional prosedur juga merupakan pedoman atau acuan untuk bekerja sesuai dengan fungsi dan alat yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja karyawan dan sesuai dengan proses kerja, prosedur kerja dan praktek kerja yang berlaku di perusahaan.

Standar operasional dan prosedur, sering disingkat SOP, harus dimiliki oleh setiap tingkat madrasah atau sekolah.  SOP dibuat setiap lima tahun sekali oleh kepala madrasah/sekolah.

Dengan ditetapkannya Standard Operating Procedure (SOP), madrasah akan selalu terjaga dan tingkat kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya akan tetap terjaga.

Untuk menghindari dan mengantisipasi kesalahan dalam metode kerja di madrasah, SOP dapat dijadikan acuan dasar.  Karena SOP memuat semua skenario masa depan dari delapan komponen standar yang menjadi pilar utama keberhasilan akademik.

Standar Operasional Prosedur (SOP) Madrasah Penyusunan RKMStandar Operasional Prosedur (SOP) Madrasah Penyusunan RKM

Tujuan utama madrasah atau sekolah dalam menetapkan prosedur dan prosedur operasional standar adalah memiliki kerangka visual yang jelas bagi madrasah untuk lima tahun ke depan.

Desain semua madrasah masa depan ditunjukkan dalam SOP.  Dan yang harus dibuat dalam desain SOP mencakup semua komponen dari kedelapan standar tersebut, seperti standar material, standar proses dan lain-lain.  Dari masing-masing standar, semua kegiatan yang dilakukan secara umum dijabarkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan madrasah.  Madrasah perlu menyiapkan SOP pembuatan kalender pendidikan dan SOP penyusunan kurikulum yang memuat standar isi.

Selain itu, dengan dibuatnya Standar Operasional dan Prosedur (SOP), seluruh anggota Dewan Madrasah akan mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing.

Karena dalam SOP, partisipasi anggota Dewan Madrasah ditentukan untuk mendukung keberhasilan pendidikan yang mereka selenggarakan.  Jika SOP dibuat dengan benar, semua pertemuan guru akan tahu pekerjaan apa yang akan mereka lakukan.  Sehingga penyelenggaraan pendidikan akan memiliki konteks yang terarah, bukan kelalaian.  Guru akan memahami alur tugas dan wewenangnya sekaligus mendedikasikan dirinya untuk madrasah.

Setelah melihat uraian di atas, jelas akan banyak manfaat jika madrasah mengembangkan standar operasional prosedur (SOP).

Singkatnya, SOP adalah semacam adegan film, dan sutradara adalah kepala madrasah.  Setelah mempelajari SOP, guru dapat dengan mudah mempraktekkan pengajarannya.  Setelah hambatan tersebut dialami sesuai dengan pengalaman, maka akan lebih mudah untuk menelusuri semua hambatan tersebut selama bekerja di dunia pendidikan.

Standar Operasional dan Prosedur (SOP) tidak baku.  Sehingga apabila SOP yang telah diterapkan dikemudian hari dan masih terdapat kekurangan, maka SOP tersebut dapat direvisi sesuai kebutuhan.  Atau SOP dapat dilengkapi lebih lanjut jika diperlukan.

Manfaat SOP:

  1. Dimana petugas dan lingkungan untuk menjaga konsistensi operasi atau kondisi tertentu dan untuk melaksanakan pekerjaan atau tugas tertentu
  2. Memberikan pedoman atau acuan bagi atasan dan pekerja dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas
  3. Membantu menghindari kesalahan, konflik, keraguan, duplikasi dan pemborosan dalam pelaksanaan pekerjaan
  4. Memberikan ukuran atau parameter untuk mengevaluasi kualitas pekerjaan atau layanan
  5. Menjamin penggunaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  6. Jelaskan urutan dan alur kerja, tanggung jawab petugas dan petugas yang terlibat
  7. Sebagai dokumen yang dapat digunakan dalam kegiatan pelatihan

Fungsi SOP :

  1. Membantu mempermudah pekerjaan karyawan atau tim/unit kerja
  2. SOP dapat menjadi landasan hukum yang kuat jika terjadi penyimpangan
  3. SOP dapat berfungsi untuk memberikan pengetahuan tentang hambatan yang akan dialami oleh karyawan
  4. SOP dapat memberikan arahan bagi karyawan untuk menjaga kedisiplinan dalam bekerja
  5. Berfungsi sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas atau tugas

8 Standar SOP Madrasah

  1. Standar Isi
  2. Standar Proses
  3. Standar Kompetensi Lulusan
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Standar Sarana dan Prasarana
  6. Standar Pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar Penilaian

Untuk mengunduh sepenuhnya Standar Operasional Prosedur (SOP) Madrasah Penyusunan RKM. Anda dapat mengklik tombol di bawah ini.

So
Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!