Cara Cetak NISN Online – Nomor Induk Siswa Nasional NISN adalah sebuah penomoran unik standar dan berlaku untuk semua siswa. Atau peserta didik yang menempuh pendidikan di Indonesia dan juga sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Seluruh siswa-siswi wajib memiliki nomor NISN ini dalam program perencanaan pendidikan statistik. Lalu Bagaimana cara cek nisn siswa berdasarkan nomor?Bagaimana caranya cek NISN siswa berdasarkan nama? bagaimana cara melakukan cetak kartu NISN siswa secara online?

Berbicara tentang penerbitan nomor unik siswa ini tentu tidak lepas dari aplikasi verval pd. Sebelum dapat melakukan cetak kartu NISN Siswa online tentu peserta didik harus terdaftar terlebih dahulu pada aplikasi tersebut.

cara cetak nisn online

Selain itu juga NISN ini menjadi satu dari data yang merupakan sistem pendukung program dapodik. Juga menjadi pusat data dan statistik siswa seluruh Indonesia. Selain itu juga digunakan untuk mempermudah alur pencairan bantuan operasional sekolah (BOS) dengan data yang valid.

Baca Juga : Template Twibbon Gratis Format Powerpoint

Alur Penerbitan NISN

Terdapat dua aplikasi berbeda dalam proses input siswa hingga dapat masuk dalam aplikasi verval pd. Untuk satuan pendidikan dalam naungan Kemdikbud proses input siswa melalui DAPODIK.

Sebelum dapat melakukan cetak nisn siwa. Seluruh peserta didik yang menempuh pendidikan pada sekolah akan masuk dalam data pokok pendidikan. Selanjutnya dari DAPODIK akan dilakukan sinkronisasi ke dalam verval pd, hingga terbitlah NISN.

Lain hal dengan lembaga pendidikan dalam wilayah Kementerian Agama. Untuk seluruh madrasah proses pendataan melalui aplikasi EMIS. Berikutnya dari aplikasi EMIS akan terintegrasi dengan verval pd, sehingga terbit Nomor Induk Siswa Nasional dan dapat melakukan cetak nisn online.

Cara Cek NISN Online

Tidak jarang siswa – siswi yang tidak tahu sama sekali Nomor Induk Siswanya secara Nasional. Karena merupakan nomor unik yang terdiri dari 10 digit angka. Untuk menghafalpun kadang susah. Karena, relatif nomor ini jarang kita gunakan kecuali untuk kebutuhan tertentu.

Padahal fungsi dan peruntukkan nomor ini sangatlah penting untuk pendidikan berjenjang, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas atau sederajat.

Bahkan sering kita jumpai peserta didik yang kebingungan, manakala kita tanya terkait NISN. Entah kartunya hilang, atau alasan yang lainnya.

Kita dapat melakukan cek NISN secara online berdasarkan nomor melalui dashbord nisn.data, caranya pun tidak begitu sulit. Terdapat dua metide yang dapat

Berikut langkah Cek NISN Online :

Cek NISN Berdasarkan nomor

Jika nomor NISN yang anda masukkan sesuai dengan data ibu yang ada, dan terdaftar pada data PDSPK maka akan muncul tampilan NISN anda.

Cara ini berfungsi untuk melakukan cheking terhadap nomor induk siswa nasional yang kamu miliki. Apabila sudah berhasil ditemukan, dan data tercatat aktif, maka kamu bisa melanjutkan cetak kartu secara online pada link dalam artikel ini.

Cek NISN Berdasarkan Nama

Nah, berikutnya adalah cara kedua, yaitu pencarian NISN berdasarkan nama dan ttl. Langkah ini kita tempuh atau pergunakan manakala anda sama sekali mengetahui nomor induk siswa nasional ini. Atau langkah pencarian Cek NISN siswa berdasarkan nomor tidak ketemu.

Adapun langkah pencarian cek NISN berdasarkan nama adalah sebagai berikut

Apabila data yang anda masukkan sesuai dan terdapat dalam satuan pendidikan tertentu (dimana anda bersekolah). Maka akan muncul hasil dari pencarian tersebut.

Namun terkadang saat kita melakukan pencarian berdasarkan nama, data tidak ditemukan. Jangan panik terlebih dahulu. Lakukan cheking data dengan mempertimbangkan asumsi permasalahan berikut.

Solusi Pencarian NISN Tidak Ditemukan

Ada beberapa kasus yang terjadi saat kita melakukan pencarian NISN berdasarkan nama tidak diketemukan datanya. Sebenarnya masalah ini terjadi bisa ada beberapa hal yang menyebabkannya, antara lain sebagai berikut :

Penyebab NISN tidak ditemukan

  1. Input data siswa salah : Kasus yang pertama adalah bisa jadi saat akan melakukan pencarian dan input data. Anda salah memasukkan karakter huruf. Bisa pada bagian nama, tempat lahir, tanggal lahir, atau nama ibu.

    Nah ketika ada notifikasi Ops Data tidak ada , coba ulangi lagi dengan lebih hati-hati saat melakukan input pencarian.

  2. Data Siswa Yang Tercatat Salah Masalah yang kedua kemungkinan terjadi adalah data siswa dalam aplikasi dapodik salah atau tidak sesuai dengan data yang sebenarnya.

    Kasus yang kedua ini bisa saja terjadi. Terdapat kesalahan operator sekolah/madrasah yang salah saat melakukan input data siswa saat pendataan siswa pada aplikasi EMIS/DAPODIK.Bisa jadi salah ketik, saat operator memasukkan data atau terbalik karakternya atau tanggal lahirnya. Bisa pula kurang karakter huruf pada bagian nama siswa dan nama ibu.

    Solusi : Jika Anda sudah merasa data yang diterapkan sesuai dengan data autentik yang ada, dan tidak ditemukan. Anda bisa mencoba melakukan beberapa langkah di bawah ini :

    Pertama , Coba cek pada bagian nama siswa apakah ada karakter khusus (Contoh : Nama Aditya , bisa jadi saat operator memasukkan data tertulis dengan Aditia ). lakukan pengecekan ini juga pada bagian nama ibu. Termasuk yang harus anda perhatikan adalah penulisan judul pada nama ibu ( jika ada ).

    Kedua, Data NISN tidak ditemukan bisa terjadi karena terbalik antara tanggal dan bulan lahir siswa. Kasus ini sering saya jumpai pada beberapa anak yang lahirnya adalah tanggal lahir 12 ke bawah .

    Contoh, dia lahir pada tanggal 7 September 2009. Nah pada beberapa kasus, terjadi terbalik antara tanggal dan bulannya. Anda bisa mencoba untuk membolak-balik antara tanggal dan bulan, kalau tanggal lahir anda 12 ke bawah.

    Ketiga , Hubungi operator sekolah/madrasah dimana anda menempuh pendidikan saat ini. Karena sejak tahun 2021 antara aplikasi EMIS, DAPODIK dan VERVAL PD sudah terintegrasi dengan baik. Jadi Masalah ini bisa dengan cepat teratasi.

Cara Cetak Kartu NISN

Proses cetak kartu, setelah siswa memiliki Nomor Induk secara nasional. Biasanya menjadi pekerjaan sekolah pada tingkat dasar. Apabila madrasah pada jenjang MI dan sekolah pada jenjang SD.

Sejak penerbitan NIS Nasional pada tingkat dasar, ada beberapa sekolah dan madrasah yang sudah melakukan cetak kartu secara mandiri. Namun juga tidak banyak yang melakukan inisiatif itu sehingga terkadang siswa tidak tahu dengan nomor induknya.

Beberapa sekolah atau madrasah biasa mencetak menggunakan aplikasi kartu cetak NISN excel. Tercetak pada sebuah kertas tebal atau kertas photo doubel side. Dan untuk menjaga agar tidak cepat rusak sering kita jumpai kartu NISN yang sudah terlaminating.

Langkah Cetak NISN Online

Kartu NISN sebenarnya tidak ada juknis khusus yang mengatur tentang pengadaanya. Karena sejatinya anda bisa melakukan cek dan ricek terhapa nomor tersebut dengan cara diatas.

Namun demikian dalam beberapa hal, terkadang kartu ini kita butuhkan untuk keperluan tertentu. Dan menjadi suatu prasyarat dalam kegitan tersebut.

Tentu akan sangat merepotkan apabila kita tidak memilikinya, padahal saat itu kita butuhkan. Nah, mengatasi kemungkinan terjadi hal demikian. Mr ell sudah mempersiapkan sebuah fitur aplikasi yang bisa Anda pergunakan untuk mencetak kartu NISN secara online.

Adapun sebelum kamu melakukan cetak NISN Online ini. Tentu kamu harus memilik data yang tepat yang sesuai dengan data pada aplikasi NISN DATA. Cek dulu kevalidan data, apakah sudah sesuai dan terdaftar atau belum. Apabila data sudah terdaftar dan valid kamu bisa menggunakan fitur cetak nisn online ini.

Langkah Cetak Kartu NISN Online

  • Cari NISN pada laman (https://nisn.data.kemdikbud.go.id/)
  • Pastikan Nomor Induk Siswa Nasional Aktif
  • Masukkan Data pada aplikasi cetak NISN Online di bawah ini
  • Pilih Foto resmi dengan background merah
  • Klik tombol Simpan
  • Selanjutnya Cetak NISN

Cetak Kartu NISN Online Dengan Foto dan Barcode

Demikian ulasan mengenai Cek NISN Online dan cara cetak NISN Online.

Terima kasih sudah berkunjung ke web mr-ell.com, semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon bijak dalam menulis dan hargai karya orang lain. Salam satu data

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!