Panduan Pendaftaran Peserta UTBK-SBMPTN Tahun 2022Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 dapat dilakukan mulai 23 Maret 2022 hingga 15 April 2022. Bagi para peserta UTBK-SBMPTN 2022 (Ujian Tulis Berbasis Komputer dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) harap memperhatikan alur pendaftaran dari pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 yang akan dijelaskan pada panduan ini.

Panduan Pendaftaran Peserta UTBK-SBMPTN Tahun 2022

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022

  1. Melakukan Login menggunakan akun LTMPT
  2. Melengkapi Biodata
  3. Memilih Program Studi
  4. Mengunggah Porofolio
  5. Memilih Pusat UTBK
  6. Konfirmasi Kartu Tanda Peserta

Secara rinci berikut ini mr-ell.com jelaskan panduannya.

Cara Melakukan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022

Melakukan Login

  • Kunjungi laman https://portal.ltmpt.ac.id/
  • Login, Masukkan  kombinasi  email  dan  pasword  akun  LTMPT  anda yang sudah  aktif dan tersimpan permanen di portal LTMPT
  • Setelah Anda berhasil masuk, maka Anda dapat melihat portal LTMPT. Pilih UTBK- SBMTPN Pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022.

Melengkapi Biodata

Perhatikan petunjuk pengisian dalam melengkapi biodata, alur melengkapi biodata, dan alur bagi peserta UTBK-SBMPTN 2022 berkebutuhan khusus!

Petunjuk Pengisian Melengkapi Biodata

Perhatikan petunjuk pengisian dalam tahap melengkapi biodata, yaitu sebagai berikut :

  • Perhatikan  dengan  seksama  data pribadi yang ada di borang  ini dan pastikan  data tersebut adalah benar
  • Isikan baris-baris yang bertanda karakter (*) dengan data yang benar
  • Tekan tombol Simpan dan Lanjutkan untuk menyimpan perubahan dan berpindah ke halaman selanjutnya.

Alur Melengkapi Biodata

  • Anda dapat melihat data pribadi yang telah Anda isikan seperti pada gambar berikut. Mohon pastikan bahwa data pribadi Anda sudah benar.
  • Apabila Anda pemegang KIP Kuliah, maka Anda dapat melihat Nomor KIP Kuliah Anda dengan kotak bertulisan Terdaftar.
  • Apabila Anda bukan pemegang KIP Kuliah, maka akan muncul kotak dengan tulisanTidak terdaftar.
  • Selanjutnya, jika masih ada data yang kosong Anda harus melengkapinya, seperti data orang tua/wali yang terdiri dari :
    1. Nama Ayah/Wali (Harus diisi sesuai dengan yang tercantum di ijazah. Jika tidak memiliki ayah, maka harus diisi dengan ‘TIDAK PUNYA AYAHtanpa tanda petik)
    2. Pekerjaan Ayah/Wali
    3. Pendidikan Ayah/Wali
    4. Penghasilan Ayah/Wali
    5. Jumlah Tanggungan
    6. Nama Ibu (Harus diisi sesuai dengan yang tercantun di Akte Kelahiran)
    7. Pekerjaan Ibu
    8. Pendidikan Ibu
    9. Penghasilan Ibu
  • Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang tidak mempunyai kebutuhan khusus, seperti tuna netra/buta maupun tuna daksa/lumpuh, dapat mengosongkan form Kebutuhan Khusus dan jangan mencentang kedua pilihan tersebut.
  • Pastikan bahwa Anda telah mengisi seluruh data yang kosong dan bertanda (*), lalu klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

Alur Bagi Peserta UTBK-SBMTPN 2022 Kebutuhan Khusus

  • Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang berkebutuhan khusus, seperti tuna netra/buta dan atau tuna daksa/lumpuh, harap memberi tanda centang (√) pada kotak yang tersedia.
    1. Bagi yang mempunyai disabilitas tuna netra/buta, pastikan Anda mencentang pilihan di bawah ini. Jika tidak mencentang, maka Anda akan ditempatkan di ruang ujian yang tidak ada fasilitas untuk disabilitas netra.
    2. Bagi yang tidak memiliki tuna netra/buta, jangan mencentang pilihan di bawah ini. Jika Anda terbukti tidak memiliki tuna netra/buta, maka Anda tidak diperbolehkan mengikuti UTBK-SBMPTN 2022.
  • Pastikan bahwa Anda telah mengisi seluruh data yang kosong dan bertanda (*), lalu klik tombol Simpan dan Lanjutkan maka akan muncul tampilan kotak konfirmasi untuk memastikan bahwa Anda adalah penyandang disabilitas tuna netra.
  • Klik tombol Ya, saya yakin maka seluruh data Anda akan tersimpan dan Anda akan melihat keseluruhan formulir seperti data diri, data orang tua/wali, dan jumlah tanggungan yang telah tersimpan.
  • Bagi  peserta  UTBK-SBMPTN  2022  disabilitas  netra/buta  maka wajib mengunggah formulir SURAT KETERANGAN TUNA NETRA/BUTA sebagai bukti bahwa Anda penyandang disabilitas netra/buta.
  • Formulir SURAT KETERANGAN TUNANETRA/BUTA dapat didapatkan dengan menekan  tombol  Unduh,  maka  Anda akan mendapatkan formulir.
    • Cetak    formulir    dan    isikan    dengan lengkap  sesuai  petunjuk  di  dalam formulir
  • Anda dapat mengunggah file PDF SURAT KETERANGAN TUNANETRA/BUTA yang telah diisi dan ditandangani oleh Kepala/Wakil Kepala Sekolah sesuai dengan poin nomor 5.
  • Apabila Anda ingin mengganti atau mengubah berkas, maka Anda dapat menekan tombol Ganti Berkas! dan Anda dapat mengunggah kembali file PDF yang benar.
  • Selanjutnya Anda dapat menekan tombol Simpan dan Lanjutkan untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata

Perhatikan petunjuk pengisian konfirmasi akhir pengisian biodata dan alur konfirmasi akhir pengisian biodata!

Petunjuk Pengisian Konfirmasi Akhir Biodata

Langkah ini merupakan konfirmasi akhir pengisian biodata peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang telah diisi pada langkah sebelumnya. Pastikan bahwa seluruh data Anda, seperti data diri, data orang tua/wali, jumlah tanggungan, dan status disabilitas netra telah diisikan dengan benar karena data akan disimpan PERMANEN. Anda tidak dapat mengubah data yang telah disimpan permanen.

Alur Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata
  • Anda akan ditampilkan seluruh biodata yang telah terisi, seperti data diri, data orang tua/wali, jumlah tanggungan, dan status disabilitas netra. Mohon pastikan bahwa seluruh data yang Anda isi sudah benar.
  • Jika masih ada isian yang menurut Anda belum atau tidak sesuai, Anda dapat kembali ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol Kembali pada bagian bawah halaman ini untuk mengubah isian.
  • Jika Anda sudah yakin bahwa seluruh isian biodata peserta UTBK-SBMPTN 2022 benar, maka Centang Pernyataan pada bagian Konfirmasi dan Simpan Permanen.
  • Tekan tombol Simpan Permanen Biodata Saya, maka Anda akan mendapat tampilan kotak konfirmasi seperti pada gambar berikut sebagai Pengecekan Akhir untuk memastikan bahwa pengisian biodata telah diperiksa dengan benar dan tidak dapat diubah lagi.
  • Tekan tombol Ya, Simpan Permanen! maka  seluruh isian dan biodata Anda sebagai peserta UTBK-SBMPTN 2022 tersimpan secara permanen dan Anda akan mendapat tampilan seperti pada gambar berikut.

Memilih Program Studi

Petunjuk Pengisian Memilih Program Studi

  1. Anda dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  2. Pastikan Anda memeriksa persyaratan program studi yang Anda tuju dengan mengunjungi tautan yang tersedia setelah memilih PTN
  3. Centang pernyataan kesanggupan untuk memenuhi kebutuhan Biaya Pendidikan (UKT)
  4. Jika Anda sudah yakin dengan pilihan Anda, tekan tombol Simpan.
  5. Tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman selanjutnya

Perlu dipehatikan :

  • Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2022 pemegang KIP Kuliah, Anda tidak dapat memilih PTN maupun program studi yang berada di PTN di bawah Kementerian Agama (UIN).
  • Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang bersal dari Jurusan/Program Keahlian SMTA Ilmu Pengetahuan  Sosial,   TIDAK  diperbolehkan  mengambil  Program  Studi  Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi

Alur Memilih Program Studi

  • Pilihlah PTN maupun Program Studi untuk Pilihan 1 yang telah tersedia dalam daftar drop-down. Pastikan bahwa Anda telah memilih Program Studi maupun PTN sesuai dengan ketentuan yang ada
  • Pilihlah PTN maupun Program Studi untuk Pilihan 2 yang telah tersedia dalam daftar drop-down. Pastikan bahwa Anda telah memilih Program Studi maupun PTN sesuai dengan ketentuan yang ada
  • Setelah Anda memilih PTN maupun Program Studi dari Pilihan 1 dan Pilihan 2, maka Anda dapat melihat tampilan seperti pada gambar berikut
    • Perhatikan  apakah  Program  Studi  yang  Anda  pilih  mensyaratkan  Anda  untuk melengkapi portofolio atau tidak!
    • Bagi   peserta   UTBK-SBMPTN   2022   yang   mendapatkan   persyaratan   untuk melengkapi portofolio dapat mengunggah portofolio Anda dengan mengikuti langkah Mengunggah Portofolio
  • Centang Pernyataan ketersediaan Anda untuk memenuhi ketentuan Biaya Pendidikan (Uang Kuliah Tunggal) program studi yang ditetapkan oleh PTN pilihan Anda dan memastikan bahwa data yang Anda isikan sudah benar
  • Jika Anda  sudah yakin dengan PTN maupun program studi pilihan Anda, tekan tombolSimpan dan Lanjutkan

Mengunggah Portfolio

Perhatikan petunjuk pengisian dalam mengunggah portofolio bagi peserta UTBK-SBMPTN2022 yang memilih program studi dengan persyaratan portofolio

Petunjuk Pengisian Mengunggah Portofolio

  1. Jika Anda memilih program studi yang mensyaratkan unggah portofolio, maka Anda dapat melihat  alur bagi peserta UTBK-SBMPTN 2022 dengan Portofolio
  2. Jika Anda memilih program studi yang tidak memerlukan syarat untuk mengunggah portofolio,  maka  Anda dapat  melihat  alur bagi peserta  UTBK-SBMPTN 2022 non- Portofolio

Alur Bagi Peserta UTBK-SBMPTN 2022 dengan Portofolio

Pada langkah ini, Anda  WAJIB untuk mengunggah portofolio sesuai dengan ketentuan dari masing-masing program studi dan PTN yang Anda pilih. Pilihlah portofolio yang akan Anda gunakan dengan memilih portofolio SNMPTN (bagi peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang terdeteksi sebagai peserta SNMPTN 2022) maupun portofolio dari SBMPTN

Portofolio dari SNMPTN

  • Apabila Anda memilih untuk menggunakan portofolio yang pernah diunggah saat pendaftaran SNMPTN, maka Anda dapat menggunakan portofolio pada saat mendaftar SNMPTN sehingga tidak perlu mengunggah kembali portofolio Anda
  • Tekan tombol Lanjutkan apabila Anda sudah yakin untuk menggunakan portofolio dari SNMPTN

Portofolio dari SBMPTN

  • Pilih Saya memilih portofolio SBMPTN lalu tekan tombol Pilih
  • Setelah Anda memilih portofolio SBMPTN, maka Anda akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah dan Anda harus mengunggah portofolio dari komputer Anda
  • Klik tombol yang terletak di bawah kolom Aksi untuk mengunggah portofolio Anda, maka Anda akan diarahkan menuju halaman Unggah Dokumen Portofolio.
  • Anda dapat melihat Jenis Portofolio, Dokumen yang harus diunggah, Jenis file, dan Ukuran maksimum file yang harus diunggah. Pastikan Anda telah membaca dengan seksama petunjuk yang ada!
  • Klik  tombol  Pilih  file….  untuk  mengunggah  file  portofolio  Anda  sesuai  dengan petunjuk yang ada, lalu beri nama file Anda pada isian Judul dan klik tombol Simpan
  • Anda akan mendapatkan kotak berisikan pesan bahwa portofolio Anda telah berhasil diunggah seperti pada gambar berikut lalu klik tombol Kembali
  • Anda dapat melihat file portofolio yang telah diunggah, lalu klik tombol Lanjutkan untuk lanjut ke langkah berikutnya, yaitu  Memilih Pusat UTBK

Alur Bagi Perserta UTBK-SBMPTN 2022 non-Portofolio

  • Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang memilih program studi tanpa persyaratan untuk mengunggah portofolio, maka Anda akan mendapat tampilan seperti pada gambar berikut
  • Anda dapat langsung menekan tombol Lanjutkan untuk lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu  Memilih Pusat UTBK

Memilih Pusat UTBK

Petunjuk Pengisian Memilih Pusat UTBK

  1. Sehubungan dengan  masa Pandemi  COVID-19, peserta UTBK-SBMPTN 2022 HARUS memilih Pusat UTBK terdekat dengan domisili di mana Anda sekarang berada untuk menghindari mobilisasi antar kota/provinsi
  2. Resiko menjadi tanggungjawab Anda apabila kesalahan pemilihan  Pusat UTBK menyebabkan Anda tidak diperbolehkan mengikuti UTBK-SBMPTN 2022

Alur Memilih Pusat UTBK

  • Anda akan mendapat tampilan halaman dengan kotak berisikan pesan bahwa Anda HARUS memilih pusat UTBK terdekat dengan domisili Anda saat ini. Tekan tombol Ya, saya mengerti agar Anda dapat memilih pusat UTBK
  • Anda dapat melihat data diri Anda berupa Nama, Tempat & Tanggal Lahir, NISN, NPSN, Sekolah, Nomor KIP Kuliah, Status Kebutuhan Khusus, dan Kelompok Ujian Anda
  • Pada bagian bawah halaman Memilih Pusat UTBK, Anda dapat memilih Pusat UTBK melalui daftar drop-down yang tersedia
  • Perlu diperhatikan bahwa Anda HARUS memilih Pusat UTBK terdekat dengan domisili di mana Anda sedang berada untuk menghindari mobilisasi antar kota/provinsi
  • Apabila pilihan lokasi Pusat UTBK Anda sudah sesuai dan benar, maka tekan tombol Simpan dan Lanjutkan

Konfirmasi Akhir Pendaftaran UTBK

Perhatikan petunjuk pengisian konfirmasi akhir pendaftaran UTBK dan alur konfirmasi akhir pendaftaran UTBK!

Petunjuk Pengisian Konfirmasi Akhir Pendaftaran UTBK

Langkah ini merupakan konfirmasi akhir pendaftaran UTBK peserta UTBK-SBMPTN 2022. Pastikan bahwa Pusat UTBK yang telah Anda pilih  sudah benar  karena data akan disimpan PERMANEN. Anda tidak dapat mengubah data yang telah disimpan permanen

Alur Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata

  • Pada Detail Pendaftaran UTBK, Anda dapat melihat informasi yang telah Anda isikan sebelumnya, yaitu Nama, Tempat & Tanggal Lahir, NISN, NPSN, Sekolah, Nomor KIP Kuliah (Bagi peserta pemegang KIP Kuliah), Status Kebutuhan Khusus, Kelompok Ujian, dan Pusat UTBK
  • Apabila Pusat UTBK yang Anda inginkan masih belum sesuai, maka Anda dapat menekan tombol Ganti Pusat UTBK
  • Apabila Pusat UTBK yang Anda pilih sudah sesuai dan benar, maka Anda dapat menekan tombol Konfirmasi dan Lanjutkan
  • Anda akan mendapat tampilan kotak Konfirmasi Akhir untuk memastikan bahwa  data yang telah Anda isikan sudah benar dan menginformasikan bahwa data tidak dapat diubah lagi untuk alasan apapun setelah Anda menekan tombol Ya, Saya setuju dan yakin untuk menyimpan permanen
  • Tekan  tombol  Ya,  Saya setuju dan yakin untuk menyimpan permanen, maka data pendaftaran Anda selaku peserta UTBK-SBMPTN 2022 akan tersimpan permanen
  • Apabila pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 Anda berhasil, maka Anda akan mendapat tampilan seperti pada gambar berikut

Pembayaran Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022

Peserta UTBK-SBMPTN 2022 KIP Kuliah

Bagi  peserta UTBK-SBMPTN 2022 pemegang KIP Kuliah TIDAK perlu membayar biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022, sehingga Anda dapat langsung menekan tombol Ambil Kartu Peserta

Peserta UTBK-SBMPTN 2022 Non-KIP Kuliah
  • Tekan tombol Unduh Slip Bayar untuk mengunduh slip bayar untuk membayar biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022
  • Setelah Anda mengunduh slip bayar, maka Anda akan mendapat slip bayar seperti pada gambar berikut. Anda dimohon untuk segera membayarkan biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 dalam jangka waktu yang telah ditentukan menggunakan kode pembayaran yang ada

Konfirmasi Kartu Tanda Peserta

Baik bagi peserta UTBK-SBMPTN 2022  pemegang KIP Kuliah maupun  bukan pemegang KIP Kuliah, ikuti langkah berikut untuk melakukan konfirmasi akhir dan simpan permanen!

  • Anda dapat melihat pilihan program studi dan portofolio yang telah disimpan permanen sebelumnya tetapi Anda tidak dapat memilih kembali program studi.
  • Pada bagian Konfirmasi dan Simpan Permanen, centang Pernyataan yang ada lalu tekan tombol Simpan Permanen
  • Anda akan mendapat kontak konfirmasi kartu peserta, lalu tekan tombol Ya, simpan permanen
  • Anda dapat menyimpan maupun mencetak kartu UTBK-SBMPTN 2022 untuk dibawa saat pelaksanaan ujian berlangsung dan daftar ulang SBMPTN
  • Pastikan bahwa Anda telah membaca dan memahami dengan seksama  seluruh petunjuk yang tertera di kartu UTBK-SBMPTN 2022

Artikel Lainnya :

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!