Memiliki gaji yang stabil tidak menjamin masa depan Anda. Untuk mengamankan masa depan yang lebih cerah, satu langkah yang harus dilakukan sejak dini ialah berinvestasi. Berinvestasi, dalam bentuk apa pun, harus dilakukan sementara seseorang mempertahankan sumber pendapatan yang stabil. Ada beberapa pilihan investasi yang tersedia, termasuk saham, tabungan, real estate, dan emas. Kategori terakhir ini merupakan strategi investasi yang sedang naik daun di tengah wabah Covid-19. Ada beberapa cara untuk berinvestasi emas.

Emas tidak hanya populer sebagai perhiasan, tetapi juga merupakan investasi yang sangat sukses. Kenapa demikian? Karena emas merupakan komoditas yang umumnya harganya naik dan jarang turun secara signifikan. Salah satu contohnya adalah apa yang sekarang terjadi dengan epidemi Covid-19. Harga emas melonjak drastis. Sekarang emas sedang dicari sebagai kendaraan investasi, penting bagi Anda untuk memahami bagaimana berinvestasi dalam emas.

Karena popularitasnya yang semakin meningkat, semakin banyak individu yang beralih ke investasi emas. Tidak perlu khawatir jika Anda termasuk orang yang ingin berinvestasi emas tetapi tidak yakin bagaimana melakukannya dengan aman. Namun, bagaimana pemula bisa berinvestasi emas dengan aman? Berikut ulasannya.

Trending Hari Ini : Ingin Sukses Dalam Trading Forex? Ikuti 6 Langkah Ini

Untuk pemula, metode aman untuk berinvestasi emas

5 Cara Sederhana Bagi Pemula untuk Berinvestasi Emas

1. Pastikan tujuan investasi emas Anda.

Misalnya, Anda mungkin telah menetapkan tujuan untuk berhenti dari pekerjaan Anda dan memulai bisnis Anda sendiri dalam dekade berikutnya. Setelah itu, sebagian dari gaji Anda disimpan dan diinvestasikan dalam emas. Jika Anda sudah memiliki tujuan tertentu, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang berapa banyak emas yang diinvestasikan setiap bulan. Itu adalah pendekatan pertama dan paling aman bagi pemula untuk berinvestasi emas.

2. Pantau perkembangan harga emas secara berkala.

Apa tujuan Anda dalam melacak evolusi harga emas? Meskipun emas sering dianggap sebagai kendaraan investasi yang paling dapat diandalkan, emas terkadang mengalami penurunan harga. Meskipun jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya. Kemudian, jika harga emas tiba-tiba naik, Anda memiliki pilihan untuk menjualnya. Namun, perlu dicatat bahwa investasi emas harus dilakukan dalam jangka waktu 5-10 tahun. Itulah cara kedua dalam investasi emas.

3. Beli emas dari sumber terpercaya

Langkah selanjutnya dalam berinvestasi emas adalah memilih tempat membelinya. Ada beberapa lokasi yang menawarkan emas batangan untuk tujuan investasi. Namun, Anda harus membeli emas dari dealer resmi dan bereputasi baik. Resmi, pada dasarnya menjual emas dengan menyertakan surat dan sertifikat, karena beberapa pedagang emas menawarkan logam mulia dengan cepat tetapi tidak menyertakan sertifikat. Hanya emas batangan yang diizinkan.

Salah satu lokasi yang disarankan dan memberikan informasi tentang cara berinvestasi emas adalah PT ANTAM. Anda dapat membelinya langsung di outlet penjualan emas PT ANTAM atau melalui perusahaan e-commerce yang menjual emas langsung dari PT ANTAM. Kemudian, di PT Pegadaian, Anda juga dapat membeli emas dan membuat rekening tabungan emas. Keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara, atau BUMN, yang menjamin penjualan lebih stabil.

4. Penyimpanan emas yang aman

Selain itu, cara berinvestasi emas yang mudah diikuti adalah dengan memperhatikan lokasi logamnya. Salah satu saran atau cara untuk berinvestasi emas adalah dengan memahami lokasi yang aman untuk menyimpan emas. Cara paling sederhana adalah dengan menyimpannya di brankas atau safety box di rumah. Jika Anda khawatir tentang keamanan, Anda dapat menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) bank. Wajar jika Anda memilih SDB, akan ada biaya tambahan. Biaya penggunaan SDB sangat bervariasi per bank. Selain emas, SDB dapat digunakan untuk menyimpan aset lain seperti sertifikat rumah atau tanah.

5. Penekanan masa depan

Strategi investasi emas berikut ini adalah dengan memperhatikan masa depan. Anda harus menyadari bahwa investasi adalah suatu bentuk tabungan untuk masa depan, baik jangka pendek maupun jangka panjang, yang berkisar antara sepuluh hingga lima belas tahun. Oleh karena itu, dalam melakukan investasi, khususnya investasi emas, diperlukan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Emas merupakan investasi jangka panjang yang sangat baik karena manfaatnya tidak akan terlihat setidaknya selama 5-10 tahun ke depan. Ingatlah bahwa berinvestasi berbeda dari membeli dan menjual, yang mencari keuntungan cepat. Akibatnya, saat berinvestasi emas, Anda harus mengingat tujuan dan masa depan yang diinginkan. Jadi, berkonsentrasi pada masa depan adalah metode investasi emas yang layak.

Ini adalah lima panduan dan metode sederhana untuk diikuti pemula saat berinvestasi emas. Mayoritas masyarakat Indonesia tetap memilih emas sebagai sarana investasi. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang tertarik berinvestasi untuk mempelajari cara berinvestasi emas. Seperti yang dikatakan sebelumnya, salah satu alasannya adalah karena harganya cukup stabil, jika tidak meningkat. Selain stabilitas harga, ada beberapa alasan lagi untuk berinvestasi emas. Apa saja itu, Berikut ulasannya.

Keuntungan investasi emas

Dapat dicarikan dengan Mudah

Manfaat pertama berinvestasi emas adalah likuiditasnya yang tinggi, atau kemudahan likuidasi. Ini menyiratkan bahwa emas dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai jika diperlukan. Dibandingkan dengan investasi lain seperti tanah atau rumah, emas tidak diragukan lagi lebih likuid.

Menjaga kekayaan Anda

Setelah itu, berinvestasi dalam emas berarti menjaga uang seseorang. Hal ini terlihat pada harga yang sangat konstan dan cenderung tumbuh. Misalnya, jika terjadi inflasi atau krisis ekonomi, harga emas cenderung naik. Ini jauh berbeda jika Anda hanya menyimpan uang tunai. Ketika ekonomi mengalami inflasi atau krisis ekonomi, nilai mata uang juga dapat memburuk.

Selain stabilitas harga, inilah dua keuntungan berinvestasi emas. Setelah mempelajari cara berinvestasi dalam emas dan imbalan terkait, tidak ada salahnya untuk memulai. Strategi investasi emas yang dibahas sebelumnya tidak sulit untuk diterapkan. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa semua jenis investasi sangat penting untuk memastikan masa depan yang lebih cerah.

Originally posted 2021-10-15 02:03:00.

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!