Cek NISN dengan nama bisa dilakukan, tapi diperlukan beberapa data tambahan juga.

Cara cek NISN dengan nama bisa dilakukan. Tapi dibutuhkan juga data pelengkap lainnya seperti tempat dan tanggal lahir hingga nama ibu kandung. Namun apa yang membuat NISN ini penting bagi seorang peserta didik?

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal yang dimiliki oleh seorang siswa. Kode tersebut unik, standar dan berlaku seumur hidup. Melalui NISN, siswa di seluruh Indonesia bisa teridentifikasi secara terstandar dan berkesinambungan.

Kegunaan NISN untuk Siswa

Cek NISN Dengan Nama, Ini Langkahnya!

Melansir website Jendela Kemdikbud, NISN membuat peserta didik terdata dengan baik. NISN ini digunakan untuk mengikuti ujian nasional hingga melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

NISN juga digunakan untuk membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia maupun sekolah di Luar Negeri. Sistem NISN diolah secara nasioanl oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nggak seluruh siswa memiliki NISN karena NISN hanya bisa diberikan kepada peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang telah memiliki NPSN, yaitu Nomor Kepala Sekolah Nasional, serta terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Dikutip dari laman NISN, tujuan dan manfaat kepemilikan NISN antara lain:

  • Memudahkan identifikasi setiap peserta didik secara standar, konsisten, dan berkesinambungan pada seluruh sekolah di Indonesia.
  • Menjadi pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online untuk unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah, dan sekolah yang terstandar, terpadu, dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi kekinian.
  • Menjadi sistem pendukung program Dapodik untuk pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan, dan program pendidikan lainnya dari tingkat pusat hingga daerah, atau sekolah. Contohnya yaitu mendukung program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, hingga SNMPTN.

Artikel Lainnya tentang NISN :

Lalu gimana cara cek NISN dengan nama? Ikuti langkah berikut ini ya!

1. Akses laman resmi NISN Kemendikbud pada layar komputer atau HP
2. Masukkan nama lengkap siswa
3. Masukkan data tempat dan tanggal lahir
4. Ketik nama ibu kandung siswa
5. Centang bagian Captcha
6. Klik ” Cari Data”
7. Jika data sudah benar, maka data data NISN akan muncul

Dengan demikian, seseorang nggak akan bisa melakukan cara cek NISN dengan nama saja tanpa informasi lainnya seperi tempat dan tanggal lahir serta nama ibu kandung siswa tersebut. Bila orang tua tidak ingin informasi yang terdapat pada laman NISN anak diketahui orang lain, maka penting untuk menjaga kerahasiaan data seperti nama lengkap anak hingga tanggal lahir anak secara tepat.

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!