Cek Kebenaran NISN – Sebagai seorang pelajar, kamu memang perlu mengetahui NISN yang menunjukkan identitasmu. NISN sendiri adalah Nomor Induk Siswa Nasional yang berwujud nomor tanda pengenal identitas yang dimiliki oleh setiap pelajar atau peserta didik yang terdaftar di sekolah Indonesia dalam negeri atau sekolah Indonesia di luar negeri. NISN ini bisa dikenali dari adanya nomor unik yang terdiri dari 10 digit. Dari 10 digit nomor yang ada, terdapat 3 digit angka pertama yang mewakili tahun lahirmu yang diikuti oleh 7 digit angka selanjutnya yang merupakan kode unik. Nomor identitas pelajar yang bersifat permanen dan berlaku selama menjadi siswa ini memang penting untuk diketahui. Hal ini disebabkan NISN selain sebagai tanda pengenal juga akan dibutuhkan ketika akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Lalu bagaimana cara untuk bisa mengetahui dan mengecek kebenaran NISN ini? Berikut penjelasannya.

2 Langkah Cara Cek Kebenaran NISN

Untuk melakukan cek kebenaran NISN ini kamu punya dua pilihan yakni mengeceknya melalui website atau melalui aplikasi

Cek Kebenaran NISN

Cara Cek NISN Melalui Website nisn.kemdikbud.go.id

Cara pertama mengecek kebenaran NISN adalah dengan memanfaatkan website atau situs hasil kerjasama Kemdikbud dengan Dapodik. Berikut caranya :

  1. Pertama, akses situs atau website http://nisn.data.kemdikbud.go.id atau untuk langsung ke halaman pencarian https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama.
  2.  Selanjutnya klik tab pencarian berdasarkan nama bila kamu memang ingin mencari NISN dari nama.
  3. Setelah itu lengkapi data seperti Nama Siswa [Nama Lengkap], Tempat Lahir, Tanggal Lahir [DD-MM-YY] serta Nama Ibu.
  4. Berikutnya, bila data sudah diisi dengan lengkap, maka kamu tinggal klik tombol cari yang ada di bagian bawah formulir.
  5. Apabila data yang dimasukan benar, maka kamu akan dialihkan pada halaman dari hasil pencarian tersebut. Di halaman hasil pencarian ini kamu akan mendapati beberapa data yaitu NISN, nama, jenis kelamin, tempat lahir serta tanggal lahir.

Cari NISN Siswa Melalui Aplikasi

Sementara untuk pilihan pengecekan kebenaran NISN yang kedua bisa kamu lakukan melalui aplikasi. Untuk melakukan pengecekan melalui cara kedua ini kamu tinggal mengunduh aplikasi bernama Data NISN melalui Play Store. Nantinya di aplikasi ini kamu tinggal mengikuti petunjuk yang ada untuk mengetahui NISN dan data-data lainnya. Untuk data yang akan kamu peroleh dari aplikasi ini akan sama dengan yang ada pada situs NISN. Karena semua data baik itu dari website atau aplikasi seluruhnya bersumber dari database Kemdikbud.

Demikianlah cara cek kebenaran NISN yang bisa kamu lakukan. Dengan kemudahan untuk mengecek NISN seperti yang dijelaskan di atas, maka kamu tidak boleh lagi beralasan malas melakukannya. Selain melakukan pengecekan kebenaran NISN, kamu juga perlu memikirkan bagaimana untuk cara mencetak kartu nisn.

Artikel Lainnya tentang NISN :

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!