Kartu NISN Hilang, ini solusinya! – Hari-hari sekolah sangat menyenangkan. Setiap pagi, pergi ke sekolah, menerima uang saku, bertemu teman baru, dan terkadang, hal-hal sederhana seperti pulang lebih awal dan libur adalah hal yang dinanti-nantikan.

Selain itu, Anda harus menjaga dan memelihara kartu NISN yang kita terima saat memasuki pendidikan. Nomor NISN ini sangat penting, karena kita harus mengetahuinya untuk mengikuti ujian.

Nomor Induk Siswa Nasional, atau NISN, adalah semua yang diperlukan; Namun, alangkah baiknya untuk menyimpan kartu tersebut. Sayangnya, banyak siswa yang lupa nomor NISN-nya, sehingga kartunya hilang.

Ada banyak contoh tentang hal ini, karena banyak orang tidak menyadari pentingnya kartu tersebut. Sekalipun kartu hilang, jika Anda mengingat atau memiliki catatan nomor NISN, ini tidak relevan, karena yang penting adalah nomornya.

Saya jamin jika saat ini Anda duduk di Kelas 6, Kelas 9, atau Kelas 12, Anda akan dimintai kartu NISN atau hanya nomor enam bulan atau tiga bulan sebelum ujian. Apalagi ketika masa Penerimaan Peserta Didik Baru, kartu NISN biasanya akan menjadi satu syarat dokumen pendaftaran.

Lalu apa yang kita lakukan jika kartu NISN kita hilang dan lupa nomor NISN kita?

Memang, ada beberapa pendekatan yang mungkin, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling sulit. Namun, sebelum melanjutkan, Anda dapat membaca cara menyimpan pulpen yang benar di kelas agar tidak hilang.

Solusi Jika Kartu NISN Hilang atau Lupa

Kartu NISN Hilang

Cek di Rapor

Cara paling sederhana untuk menentukannya adalah dengan melihat rapor atau hasil evaluasi dari sekolah sebelumnya. Biasanya, nomor NISN muncul langsung di bagian depan bio siswa. Namun, tidak semua nomor NISN pada rapor tersebut valid.

Untuk memastikan NISN valid atau tidak silahkan simak ulasan Cek NISN Online

Karena kebanyakan sekolah menggunakan NIS atau Nomor Induk Siswa, namun beberapa sekolah juga menggunakan NISN pada bagian biodata siswa. Atau kemungkinan besar ada NISN khususnya di raport SD, karena di rapor SMP dan SMA/SMK jarang ada NISN.

Melakukan penelusuran di website KEMDIKBUD

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi melalui website nisn.data.kemdikbud.go.id. Memang saya sudah menulis dua artikel tentang metode ini, yaitu Cek NISN berdasarkan nama dan Cek NISN dengan Nomor. Oleh karena itu, Anda harus meninjau dua posting yang telah saya buat.

Tanyakan ke Sekolah

Jika NISN tidak ada di rapor dan Anda telah mencari di situs web tetapi tidak dapat menemukannya, satu-satunya pilihan adalah menghubungi sekolah asal atau sekolah sebelumnya. Anda dipersilakan untuk menanyakan tentang sekolah menengah pertama atau sekolah dasar Anda, karena sangat penting bagi Anda untuk melakukan cek dari lembaga tersebut.

Cara ini sering direkomendasikan oleh para guru karena jika kita kembali ke sekolah asal, kita harus membawa data NISN kita, seperti sebelumnya kita dimintai nomor NISN.

Cetak Kartu NISN Mandiri

Setelah Anda memastikan memiliki NISN valid, Anda bisa melakukan cetak kartu NISN secara mandiri. Aplikasi cetak kartu NISN ini bisa Anda lakukan sendiri dari rumah.

Bagaimana cara melakukan cetak kartu NISN sendiri?

Anda bisa membaca ulasan cetak kartu NISN Online untuk dapat melakukan cetak kartu NISN secara mandiri.

Itulah solusi dan apa yang harus Anda lakukan jika lupa nomor NISN dan juga kehilangan kartu. Bagi saya sendiri, kartu NISN masih ada, meski jarang saya lihat karena saya simpan dalam kondisi baik, karena saya yakin itu adalah kenang-kenangan yang sangat berarti.

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!