Pengertian Beasiswa LPDP dan Jenisnya – Beasiswa adalah dana bantuan pendidikan yang diberikan kepada siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi.

Beasiswa dirancang untuk memungkinkan siswa dan siswa untuk melanjutkan pendidikan tanpa memperhatikan kendala keuangan.

Ada banyak beasiswa yang tersedia saat ini, termasuk salah satunya dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP ).

LPDP merupakan lembaga setingkat kementerian yang melapor kepada Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Agama.

Pengertian Beasiswa LPDP dan Jenisnya

LPDP menawarkan beasiswa jenjang magister dan doktor kepada warga negara Indonesia (WNI).

Menurut situs resminya, LPDP menawarkan tiga kategori beasiswa yang berbeda. Ada beberapa jenis beasiswa yang tersedia, antara lain beasiswa reguler, beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), dan beasiswa co-founding.

Beasiswa reguler tersedia bagi penduduk Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) untuk magister dan untuk pemegang gelar master untuk gelar doktoral.

Sedangkan beasiswa PTUD adalah program beasiswa bagi warga negara Indonesia yang telah mendapatkan Unconditional Letter of Admission (LoA) yang menunjukkan penerimaan ke universitas.

Program beasiswa co-founding merupakan jenis beasiswa yang mendanai kerjasama antara LPDP dengan individual.

Kedepannya, penerima beasiswa LPDP akan mendapatkan berbagai bantuan keuangan yang terbagi dalam dua kategori: biaya pendidikan dan biaya dukungan.

Biaya pendaftaran, biaya kuliah atau kuliah, tunjangan buku, biaya penelitian atau disertasi, biaya seminar internasional, dan biaya publikasi jurnal internasional semuanya sudah termasuk dalam biaya pendidikan.

Sementara itu, biaya penunjang seperti transportasi, Visa atau Izin Tinggal, asuransi kesehatan, dan biaya hidup bulanan dikeluarkan.

Seiring dengan jalur beasiswa standar, LPDP kini menerima aplikasi beasiswa afirmatif dan target.

Beasiswa afirmasi antara lain untuk tempat afirmasi, penyandang disabilitas, fakir miskin, dan anak-anak Papua.

Sedangkan beasiswa yang ditargetkan antara lain untuk PNS, TNI, Polri, dan wirausaha.

Sejak Jumat lalu, 25 Februari 2022, pendaftaran beasiswa LPDP 2022 tahap 1 telah dibuka.

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!