Siswa MTsN 1 Pati Raih 957 Medali Tingkat Nasional – Siswa MTsN 1 Pati kembali unjuk gigi dengan memborong 957 medali. Prestasi ini diraih berkat tujuh kompetisi yang digelar pada 20 Februari 2022.

Olimpiade Remaja Nasional, Pekan Kompetisi Nasional, Olimpiade Madrasah Nasional, Kompetisi Matematika SMP/MTs, Cendekiawan Matematika, NYMC & KPPI, dan Kompetisi Sederhana AKM adalah ketujuh event tersebut. Semuanya diadakan secara online dan menarik ribuan siswa SMP/MT dan SMA/MA dari seluruh Indonesia.

MTsN 1 Pati meraih 165 medali emas, 313 medali perak, 335 medali perunggu, dan 144 harapan. Per 28 Februari 2022, prestasi ini memposisikan MTsN 1 Pati sebagai madrasah dengan prestasi terbesar, menurut Data Siswa Madrasah (D-PDM) Jawa Tengah.

Siswa MTsN 1 Pati Raih 957 Medali Tingkat Nasional

Bibit Rizqiana, salah satu anak peraih medali, mengatakan, sembilan medali yang diraihnya dari empat nomor berbarengan. “Alhamdulillah dalam satu hari kemarin kita mendapatkan sembilan medali. Tiga medali emas di Olimpiade Remaja Nasional, tiga medali emas di Olimpiade Nasional Madrasah, satu medali emas di Lomba Matematika SMP/MTs, dan satu medali emas di Olimpiade Matematika SMP/MTs. Kompetisi NYMC & KPPI” ujarnya di Pati pada Jumat, 3 Maret 2022).

Bibit mengaku mengoleksi 62 medali antara Januari hingga Februari. Ia mengucapkan terima kasih kepada MTsN 1 Pati dan Pak Guru yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai acara.

“Dari Januari hingga Februari, saya berkompetisi dalam kompetisi. Kami telah mengumpulkan 62 medali, Alhamdulillah. Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada MTs N 1 Pati tercinta dan kepada para guru besar yang selalu membantu dan menemani siswa dalam mencapai tujuan demi MTs N 1 Pati untuk berkembang menjadi madrasah yang hebat dan mendunia”’ ungkapnya.

Meski masih duduk di kelas VII, ia mengaku sudah mengikuti beberapa turnamen. “Olimpiade mendorong saya untuk bersaing meraih prestasi sekaligus memperluas pengetahuan saya,” jelasnya.

Selain itu, Bibit menasihati teman-temannya untuk tidak mudah menyerah pada tujuan mereka. “Jangan pernah putus asa, peliharalah sikap positif dalam menuntut ilmu dan meraih cita-cita. Jangan pernah berpuas diri dengan apa yang telah dicapai; peliharalah sikap ikhtiar dan doa, serta selalu istiqomah”’ tegasnya.

Ali Musyafak, Ketua MTsN 1 Pati, bergembira atas prestasi siswanya dalam mengumpulkan 957 medali. Menurutnya, MTs N 1 Pati akan selalu berupaya meningkatkan potensi pendampingan siswa agar setiap siswa mencapai potensi maksimalnya.

“Madrasah akan selalu berupaya meningkatkan pendampingan potensi siswa, memastikan setiap siswa memiliki kesempatan untuk mewujudkan potensinya,” ungkapnya.

Syafak berharap agar siswa MTsN 1 Pati berkembang menjadi anak yang cerdas, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, dan bertaqwa. Dengan demikian, mereka dapat membantu madrasah dalam mencapai tujuan uswatun hasanah, keunggulan, dan standar dunia.

Syafak melanjutkan, MTsN 1 Pati sedang mendirikan pesantren. Saat ini, 350 siswa dari total 1.050 tinggal di asrama. Hal ini mengharuskan siswa yang tinggal di asrama untuk berpartisipasi secara mandiri dalam acara-acara yang ada pada hari Minggu. Termasuk tujuh event yang digelar pada 20 Februari 2022 dengan total 957 medali.

Menurut Syafak, lomba-lomba sudah menjadi kebiasaan bagi siswa baik akademik maupun non akademik di MTsN 1 Pati. Tujuannya adalah untuk mengasah keterampilan siswa dan meningkatkan semangat mereka untuk belajar. “Suka atau tidak, kompetisi memaksa mereka untuk belajar,” jelasnya.

Sumber : https://kemenag.go.id/

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!