NISN Tidak Ditemukan, ini Solusinya! – Kini setelah ujian telah selesai, saatnya Anda fokus pada persiapan yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Raport, ijazah, dan prestasi semua sudah direncanakan sejak awal.

Anda panik tentunya ketika menyadari bahwa Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) juga diperlukan untuk keperluan pendaftaran. Soalnya, kartu yang berisi deretan angka itu sudah lama hilang. Ketika Anda mencari NISN Anda di situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Anda tidak akan dapat menemukannya atau tercatat sebagai tidak terdaftar.

Apakah Anda memiliki perasaan tentang apa yang Anda baca di atas? Tenang. Ini adalah situasi yang sering terjadi pada musim-musim akhir semester. Dalam posting ini, saya akan mencoba memberikan beberapa solusi untuk masalah yang dihadapi.

Apa alasan NISN tidak terdafar?

Ada berbagai alasan untuk ini. Pada bagian ini, saya membahas beberapa poin yang muncul sebagai hasil dari riset saya dan sumber lainnya (nisn kemdikbud go id).

  1. Prosedur entri data masih dalam proses penyelesaian.
  2. Sekolah yang bersangkutan belum mengirimkan informasi apa pun tentang siswanya.
  3. Entri data yang salah mengakibatkan ketidakcocokan antara data di web dan data.

Cek NISN Online

Ada dua metode yang dapat kamu lakukan untuk melakukan cek NISN Online. Dan keduanya merupakan cara yang mudah asalkan kamu memiliki jaringan internet.

Adapaun cara mencari NISN Online kami jelaskan secara rinci dalam panduan berikut:

  1. Cek NISN Online dengan Nomor
  2. Cek NISN Online Berdasakan Nama

Cetak Kartu NISN Online

Apabila menggunakan salah satu dari kedua metode di atas. Dan kamu berhasil menemukan NISN aktif. Maka kamu bisa mencetak kartu NISN Online.

Adapun langkah cetak kartu NISN online dapat kamu lakukan dalam rubrik berikut : Cetak NISN Online

Namun, jika NISN tidak ditemukan, atau NISN tidak terdaftar maka ikuti langkah penyelesaian di bawah ini :

Berikut Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan Jika NISN Belum Terdaftar

NISN Tidak Ditemukan, Ini Solusinya!

Konsultasikan dengan Sekolah untuk informasi lebih lanjut

Langkah pertama adalah mencoba membawa masalah ini ke perhatian administrasi sekolah Anda. Siapa tahu, mungkin hanya informasi profil Anda yang belum diserahkan ke pemerintah pusat oleh sekolah Anda.

Itu berarti Anda hanya perlu menunggu sampai sekolah mengirimkan informasi yang diperlukan kepada pemerintah federal. Jika sudah begini, Setelah itu, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan mencari NISN Anda lagi.

Untuk menguji hipotesis ini, coba langkah kedua jika sekolah mengangkat tangan dalam hal ini karena percaya bahwa data telah disampaikan dengan benar.

Bicara dengan Operator Sekolah Dasar

Ingat! Ada kemungkinan SD tersebut masih memiliki NISN Anda jika NISN Anda berlaku dari SD hingga SMA dan jika nomor tersebut tidak berubah selama jangka waktu tersebut. Mengirim pesan ke administrasi mungkin ide yang bagus. Siapa tahu, dia mungkin masih memiliki NISN Anda.

Hubungi Pusat Layanan Pelanggan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Langkah terakhir adalah menghubungi call center Kemdikbud secara langsung jika hasil dari dua langkah sebelumnya tidak meyakinkan. Karena masalah ini begitu sering terjadi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membentuk tim bantuan khusus untuk membantu siswa dan guru menyelesaikan situasi tersebut.

Anda dapat mencoba menelepon nomor berikut:

  • (021) 57905777
  • (021) 57904804
  • (021) 5703303
  • (021) 57905777
  • (021) 57904804
  • (021) 5703303

Apa maksudmu? Katakan saja, “Siang Bu. Terima kasih atas waktunya. Saya [nama lengkap] dan saya adalah siswa di [nama sekolah]. Setelah memeriksa situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saya bisa’ tidak menemukan Nomor Induk Kependudukan (NISN), jadi saya kesulitan menemukannya.”

Oke, itu saja yang bisa saya sampaikan tentang solusi NISN yang tidak terdaftar atau NISN yang tidak ditemukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan Anda berhasil mendapatkan NISN Anda kembali. Di bagian komentar, silakan kirim pertanyaan yang mungkin Anda miliki.

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!