Cek NISN Online Berdasarkan NamaNomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kombinasi dari sepuluh nomor unik yang diberikan kepada setiap siswa oleh sekolahnya masing-masing sebagai pengenal.

NISN ini merupakan kode pengenal yang digunakan untuk membedakan siswa yang satu dengan yang lainnya di seluruh lembaga pendidikan di Indonesia, termasuk perguruan tinggi.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bersifat tetap dan berlaku sepanjang masa, mulai dari jenjang SD hingga SMA.

Hasilnya, setiap peserta didik yang mengikuti pendidikan pada satuan pendidikan yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mendapatkan satu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara cek NISN secara online berdasarkan nama melalui situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, silakan lihat penjelasan mr ell di flip bawah.

Tujuan dan Manfaat NISN

Sistem Identifikasi NISN tidak hanya berguna untuk menentukan identitas pelajar, tetapi juga berguna untuk mendukung program pendidikan dan memenuhi persyaratan pendaftaran perguruan tinggi.

Berikut beberapa tujuan dan manfaat NISN yang harus Anda ketahui sebelum melakukan pemeriksaan NISN siswa, menurut situs resmi kemdikbud.go.id, yang harus Anda ketahui:

  1. Memungkinkan untuk membedakan setiap individu siswa (siswa) di seluruh sekolah Indonesia secara standar, konsisten, dan tahan lama.
  2. Mendukung program Dapodik dan program pendidikan lainnya di tingkat nasional, provinsi, kota dan kabupaten, serta di tingkat sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, dan SNMPTN.

Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini, pusat layanan ini memberikan layanan pengelolaan nomor registrasi siswa secara online kepada unit-unit kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Daerah, serta sekolah yang standar, terintegrasi, dan akuntabel.

Cara Mencari NISN dengan Nama

Cara Cek NISN Online Berdasarkan Nama

NISN di tingkat nasional dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek). Dengan demikian, setiap siswa dapat memperoleh NISN mereka dengan mengunjungi situs resmi nisn.data.kemdikbud.go.id (Nomor Siswa Induk Nasional).

Jika Anda seorang pelajar dan ingin mengetahui cara mengecek NISN berdasarkan nama, Anda dapat melakukan hal berikut:

  1. Kunjungi website nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Pilih opsi Pencarian Nama dari menu tarik-turun di kanan atas.
  3. Isi formulir dengan nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu.
  4. Untuk mengonfirmasi bahwa Anda bukan robot, centang kotak di kolom “Saya bukan robot”.
  5. Klik tombol Cari Data.

Apabila data yang Anda masukkan sesuai dengan data yang ada pada DAPODIK. Maka akan muncuk data NISN mu terdaftar aktif.

Jika informasi yang Anda berikan benar dan identitas siswa Anda telah diverifikasi, Anda akan menerima informasi antara lain berupa nama, jenis kelamin, tempat lahir, dan tanggal lahirnya.

Cara Cek NISN Menggunakan NISN

Anda yang sudah familiar dengan NISN bisa mengecek kembali identitas yang sudah terdaftar di database Kemdikbudristek dengan memasukkan NISN.

Cek NISN online untuk memastikan data siswa yang Anda miliki sudah benar, semudah berikut ini:

  1. Kunjungi website nisn.data.kemdikbud.go.id untuk informasi lebih lanjut.
  2. Isi kolom NISN dan Nama Ibu.
  3. Untuk mengonfirmasi bahwa Anda bukan robot, centang kotak di kolom “Saya bukan robot”.
  4. Klik tombol Cari Data.

Jika informasi yang Anda berikan benar dan identitas siswa Anda telah diverifikasi, Anda akan menerima informasi antara lain berupa nama, jenis kelamin, tempat lahir, dan tanggal lahirnya.

Aplikasi Cetak Kartu NISN Online

Setelah kamu menemukan NISN aktif dan terdaftar. Kamu bisa melakukan cetak nisn online secara mandiri.

Silahkan ikuti petunjuk dalam ulasan ini : Cara Cetak NISN Online

Begitulah cara mencari NISN berdasarkan nama di internet menggunakan website Kemdikbudristek. Ya, semoga berhasil dan lebih banyak keberuntungan. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!