Cek NISN Online – Identitas siswa dilindungi oleh Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Tidak akan ada dua kode yang sama antara satu siswa dengan siswa lainnya karena setiap siswa adalah unik. Bagaimana cara mengecek Nomor Induk Kependudukan (NISN)? Selain sebagai pengenal, sering digunakan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan minat siswa. Lihat sisa artikel ini untuk informasi lebih lanjut!

Ini adalah kode yang dibentuk oleh serangkaian angka yang unik dan digunakan untuk mengidentifikasi dan mengidentifikasi siswa. NISN, atau Nomor Induk Siswa Nasional, dibentuk oleh kode yang dibentuk oleh 10 seri angka unik.

Nomor ini dikeluarkan dan dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang merupakan komponen dari program Pendidikan Data Dasar yang juga dikenal sebagai Dapodik NISN.

Selama siswa terdaftar di sekolah pada jenjang apapun, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan seterusnya, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tetap berlaku.

Bukan hanya kumpulan angka acak yang membentuk NISN; setiap angka memiliki arti tertentu.

Dalam kasus seorang siswa, tiga digit pertama dari nomor nya menunjukkan tahun lahir. Tujuh digit sisanya adalah angka atau kode unik yang diatur oleh Kementerian Pendidikan.

Ketika seseorang lahir pada tahun 1998, tiga digit pertama NISN-nya adalah 098, dan tujuh digit berikutnya akan diisi dengan angka-angka yang hanya tersedia untuknya.

Cek NISN Online

Cara Cek NISN Online

Langkah cek NISN Online adalah sebagai berikut :

  1. Kunjungi laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  2. Masukkan 10 angka NISNmu
  3. Masukkan nama ibu kandung
  4. Ceklis pada kotak saya bukan robot
  5. Klik tombol Cari Data

Apabila tidak ada masalah yang diketemukan, maka Identitas NISNmu akan muncul.

Cek NISN Berdasarkan nama

Jika menggunakan metode di atas tidak diketemukan data NISN mu. Maka kamu dapat mencoba opsi cek nisn online yang kedua. Yaitu dengan melakukan pencarian cek NISN berdasarkan nama.

Selengkapnya kamu dapat membaca rubrik berikut ini : Cara Cek NISN Berdasarkan Nama

Tujuan Cek NISN Online

Kenapa sih harus repot-repot cek NISN? Jawabannya adalah sebagai berikut :

  1. Untuk memastikan NISN yang kamu miliki adalah benar-benar milik kamu
  2. Memastikan bahwa NISN masih terdaftar aktif
  3. Sebagai bukti otentik bahwa kamu adalah pelajar yang masih aktif menempuh pendidikan di Indonesia
  4. Dalam beberapa keperluan, NISN akan menjadi hal yang fundamental

NISN Tidak Terdaftar, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Setelah kamu mencoba melakukan pencarian NISN berdasarkan nomor, namun hasilnya tidak diketemukan. Sebaiknya coba opsi kedua terlebih dahulu, untuk melakukan pencarian cek nisn berdasarkan nama.

Apabila masih sama dan data NISN tidak ditemukan atau NISN tidak terdaftar silahkan ikuti panduan dalam artikel ini : NISN Tidak Terdaftar, Ini Solusinya!

Cetak NISN Online

Untuk beberapa keperluan, kamu mungkin memerlukan kartu NISN. Misalnya dalam kegiatan PPDB ada beberapa satuan pendidikan yang mengharuskan calon siswa untuk mengumpulkan kartu NISN sebagai syarat pendaftaran.

Apabila kamu tidak memiliki kartu tersebut, kamu dapat melakukan cetak NISN Online. Selengkapnya ikuti tautan artikel ini : Cara Cetak Kartu NISN Online

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!