Tips Cara Hemat Kuota

Cara Hemat Kuota

Mr-ell.com – Siapa bilang cara menghemat kuota itu sulit? Selama tahu trik-triknya, kita bisa lho menghemat banyak uang dan pengeluaran untuk kebutuhan kuota internet. Nggak bisa dipungkiri memang kita hidup di zaman yang tak pernah bisa lepas dari internet. Setiap harinya kita akan selalu membutuhkan kuota internet baik untuk berkomunikasi maupun mencari berita terbaru.

Berikut ini akan dikulik cara menghemat kuota yang bisa langsung kamu coba sekarang juga. Nggak terlalu ribet kok caranya. Cuma butuh sedikit usaha saja untuk bisa hemat kuota internet. Let’s find out the details here!

Penggunaan gadget dalam berbagai aktivitas sudah menjadi sebuah kebutuhan. Aplikasi chatting, e-mail, hingga platform-platform hiburan seperti Spotify, Instagram, sampai YouTube kerap mendampingi kesibukan sehari-hari dan tentunya tak lepas dari kebutuhan akan paket data atau kuota.

Kuota atau paket data merupakan batasan penggunaan internet dalam jangka waktu tertentu. Misalnya kuota internet bulanan Anda adalah 6 GB, maka dalam waktu satu bulan tersebut Anda hanya dapat mengakses internet sebanyak 6 GB. Jika paket data Anda habis sebelum masa waktunya, sambungan internet akan terputus dan Anda harus membeli ekstra kuota untuk bisa menggunakannya lagi.

Ada banyak hal yang membuat kuota internet Anda cepat habis. Salah satunya adalah kebiasaan dalam pemakaian gadget yang kurang diperhatikan. Tanpa disadari, hal ini dapat menguras kuota internet rumah bahkan menyebabkan pengeluaran bulanan jebol. Supaya Anda bisa lebih menghemat pemakaian paket data hingga akhir bulan atau dalam waktu sebulan, pastikan cek cara menghemat kuota internet di bawah ini, ya!

Sebelum ke pembahasan utama mengenai cara hemat kuota. Akan kami jlentrehkan (jelaskan) Penyebab Kuota boros di android.

Penyebab dari paket internet yang boros adalah salah satu dampak negatif yang ditimbulkan oleh pemborosan kuota yang tiba-tiba cepat habis dan lagi pula anda tidak memakainya.

Penyebab Kuota Cepat Habis

  • Seringnya download aplikasi dan game
  • Sering unggah video atau foto
  • Selalu memakai aplikasi online yang berlebihan
  • Main game online
  • Pembaruan otomatis

Itulah penyebab kuota boros di android kalian. Untuk itu anda harus menghindarinya dengan cara yang kami bagikan kali ini.

Silakan simak baik-baik untuk cara mengirit kuota internet di android agar menjadi tidak cepat habis lagi.

14 Cara Mengatasi dan Mengehemat Paket Internet yang cepat habis

Teknik untuk ngirit kuota ini hanya sekedar opini saya semata, silakan simak postingan ini sampai akhir dan dapatkan cara agar kuota hemat dan tidak boros lagi.

1. Jangan mengaktifkan semua opsi sinkronisasi

Sering kejadian, kuota internet berkurang karena ada sinkronisasi otomatis pada ponsel. Kamu harus lebih jeli dan peka akan hal ini. Tak perlu mengaktifkan semua opsi sinkronisasi, cukup pilih akun tertentu saja. Demi internet hemat, kamu bisa masuk ke menu Settings lalu pilih Accounts untuk kemudian melakukan seleksi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan akun tertentu.

2. Lebih selektif dalam memilih browser

Salah satu browser yang terkenal lebih hemat kuota adalah Opera Mini. Browser yang satu ini dipercaya memiliki kemampuan menyimpan kuota data internetmu secara primer, yaitu dengan mengompres situs yang kamu kunjungi. Browser ini jadi andalan para penghemat kuota yang sering berselancar di dunia maya menggunakan smartphone.

3. Menggunakan aplikasi penghemat kuota

Cara menghemat kuota yang selanjutnya adalah dengan aplikasi. Yap, saat ini sudah ada aplikasi yang disebut-sebut bisa menghemat kuota. Sejumlah aplikasi penghemat kuota yang paling populer, antara lain My Data Manager, Protect Free VPN+ Data Manager, Opera Max, CM Data Manager, dan DataEye. Selain pakai browser hemat data, kamu juga bisa mengunduh aplikasi penghemat kuota untuk membantu ponselmu mengelola kuota data jadi lebih hemat. Akan lebih menguntungkan lagi kalau kamu bisa memilih paket internet hemat tanpa kuota bebas pemakaian untuk kebutuhan internetmu sehari-hari.

4. Ubah fitur Maps ke mode Offline

Ini juga penting tapi sering terlupakan. Salah satu cara menghemat kuota internet yang paling mudah adalah dengan mengubah fitur Maps ke Offline Mode. Kalau kamu memang nggak terlalu membutuhkan fitur Maps untuk rutinitasmu, sebaiknya ubah mode online ke offline dalam pengaturan Maps di smartphone. Soalnya aplikasi Maps ini termasuk biang keladi kuota yang cepat habis. Batasi juga penggunaaan data di background. Yang perlu kamu lakukan hanyalah masuk ke menu Settings lalu pilih Data Usage, kemudian tap tiga garis vertikal di kanan atas, baru pilih Restrict Background Data, dan pilih OK. Mengubah pengaturan ini merupakan salah satu cara hemat kuota yang juga efektif.

5. Manfaatkan Wi-Fi Gratis

Ini dia tips menghemat kuota yang paling mudah dan banyak dipilih oleh orang-orang zaman sekarang. Biasanya demi hemat kuota saat main game maka spot Wi-Fi yang akan diincar. Saat ini pun sudah banyak Wi-Fi yang ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari di kafe hingga tempat umum seperti perpustakaan dan taman-taman kota. Memanfaatkan Wi-Fi gratisan termasuk cara mengirit kuota yang paling simpel. Cuma ya memang harus teliti dan jeli mencari tempat-tempat yang menyediakan layanan Wi-Fi gratis.

6. Tutup Tab Platform Video Saat Tidak Ditonton

Menonton video melalui platform seperti YouTube atau sejenisnya memang menyenangkan. Akan tetapi, jika tidak dilakukan dengan bijak risikonya kuota internet rumah akan cepat habis. Ketika menonton video dengan kualitas SD (480p) misalnya, Anda bisa menghabiskan sekitar 300 MB per jam, sementara untuk HD (720p) sekitar 700 MB per jam, sedangkan untuk kualitas terbaik Full HD (1080p) dapat menghabiskan data hingga 3 GB per jamnya. Untuk menghemat data internet Anda, sebaiknya turunkan kualitas video jika tak terlalu dibutuhkan, serta jangan lupa tutup tab platform saat tidak ditonton karena proses men-download datanya tetap berlangsung.

7. Jangan Nyalakan Fitur Auto Download pada Aplikasi Chatting Maupun E-mail

Cara menghemat data internet lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan mematikan fitur auto download pada aplikasi chatting ataupun e-mail. Memang, dengan men-download file, image, GIF ataupun video yang dilampirkan secara manual sering dirasa merepotkan. Akan tetapi, dengan Anda mematikan fitur ini Anda bisa menghemat setidaknya sekitar 1 GB dalam satu bulan. Lumayan, bukan?

8. Non-aktifkan Fitur Auto Update Aplikasi

Serupa dengan poin sebelumnya, menon-aktifkan fitur auto update aplikasi pada smartphone dan laptop juga dapat menghemat kuota cukup banyak. Cara supaya kuota internet rumah tak boros yang satu ini sering diabaikan meskipun memiliki pengaruh yang cukup besar. Misalkan, satu aplikasi yang ter-update secara otomatis berukuran 30 MB. Akan tetapi auto update pada perangkat Anda langsung memperbaharui 5 aplikasi secara bersamaan dengan ukuran serupa, maka bisa dikatakan sudah sekitar 150 MB kuota data Anda tersedot. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan update secara manual dan sesuai kebutuhan untuk menghindari konsumsi paket data dalam jumlah besar ketika update aplikasi tanpa sepengetahuan Anda.

9. Hindari Penggunaan Fitur Autoplay Saat Streaming Musik

Pada aplikasi streaming musik seperti Spotify, terdapat fitur autoplay untuk mendengarkan lagu secara otomatis yang dianggap berkaitan oleh sistem, setelah satu playlist atau album selesai diputar. Di balik nikmatnya mendengarkan lagu-lagu serupa, ternyata hal ini juga dapat menyebabkan pemakaian paket data yang boros, lho. Apalagi jika Anda mendengarkannya saat sedang WFH atau sebagai pengantar tidur. Nah, cara supaya pemakaian kuota internet Anda lebih hemat, Anda bisa mematikan fitur autoplay serta pilih untuk menurunkan kualitas suara dari lagu-lagu tersebut.

10. Atur Pemakaian Internet dan Cek Penggunaan Internet di Rumah

Kiat menghemat data internet rumah pada urutan ini adalah dengan mengatur pemakaiannya. Pilihlah provider internet rumah terbaik yang memberikan Anda kebebasan untuk mengatur kebutuhan kuota internet setiap bulannya. Seperti modem internet rumah Telkomsel Orbit yang memberikan Anda kebebasan serta kemudahan untuk mengontrol penggunaan internet pada setiap perangkat yang terhubung dan dapat melakukan pengecekan penggunaan kuota setiap bulannya secara detail. Hebatnya lagi, semua dilakukan hanya melalui layar smartphone.

Segera beli modem wifi Orbit sekarang karena Anda bisa memanfaatkan promo FantaSix, yaitu Anda akan mendapatkan total kuota sebesar 150 GB (25 GB/30 hari) selama 6 bulan untuk pembelian modem jenis apa saja. Promo yang menarik, bukan? Dengan tambahan paket data tersebut, Anda tak perlu lagi khawatir kuota cepat habis ketika akan streaming film favorit!

11. Kurangi beban aplikasi yang berjalan dilatar belakang

Mengurangi aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang yang tanpa kita sadari bahwa itu semua akan menyebabkan kuota internet kamu akan habis sendiri.

Dengan kuota data yang cepat habis ini, anda jadi risau dalam bagaimana cara untuk menghemat data seluler yang sedang kita gunakan dalam melakukan aktivitas sehari-hari anda. Maka dari itu anda harus menguranginya agar kuota kamu tidak boros lagi.

Mematikan sebuah fitur dari aplikasi yang tiap hari melakukan pembaruan secara otomatis juga akan memakan banyak kuota internet anda dalam keseharinnya.

Android yang boros kuota akan memiliki peforma yang kurang maksimal, apalagi jika kamu malah lupa mematikan atau disable notifikasi pembaruan auto yang bikin nyedot kuota data internet kamu.

12. Kurangi main game online

Mengurangi bermain sebuah game yang berbasis online sekiranya agak sulit untuk dilakukan bagi para pecandu game online.

Tetapi anda harus bisa melakukannya agar kuota pada data seluler kalian menjadi hemat dan tidak boros lagi. Dengan mengurangi penggunaan data seluler anda juga akan menambah ekonomi kalian, mengapa? Ingat peribahasa sob, hemat pangkal kaya.

13. Mulailah menabung sejak dini

Jika saran saya diatas kurang meyakinkan pembaca, mungkin yang satu ini bisa untuk menghemat kuota internet kalian.

Menabung untuk masa depan anda dengan cara irit kuota agar uang yang anda dapatkan ditabung untuk masa depan. Bagaimana caranya, kan saya pecandu sosial media dan game?

Jika kalian pecandu berat, maka anda harus melakukan aktivitas diluar dan mulailah berinteraksi sosial dengan orang lain, berbicara face to face untuk meningkatkan daya bicara anda.

14. Matikan GPS

GPS sering diaktifkan ketika anda ingin menentukan alamat tujuan. Habis itu anda tidak langsung mematikan GPS dengan alasan karena terburu – buru.

Harusnya, selesai memakai GPS harus dimatikan agar kuota anda tidak kesedot. Mungkin ada beberapa kendala yang mengakibatkan kuota cepat habis, diantaranya terlalu sering mengaktifkan GPS.

Cara Terbaru Menghemat Kuota Di Semua Jaringan Internet

Tips menghemat kuota internet di semua operator jaringan. Kartu yang berisi kuota internet biasanya terdiri dari banyak operator jaringan, seperti Tri, telkomsel flash, indosat ooredoo, axis, XL, dan lain sebagainya. Operator tersebut menyediakan paket data untuk pengguna smartphone.

Di semua smartphone, mau itu xiaomi, samsung, lenovo atau yang lainnya, tetap saja mengalami boros kuota bila kurang tepat dalam penggunaannya.

Terus bagaimana cara mengatasinya? Hemat kuota bulanan anda dengan cara yang sangat praktis ketika dilakukan di android kalian.

Menghemat kuota sering kali menggunakan aplikasi, namun disisi lain pasti ada daftar aplikasi boros kuota internet dan akan menguras data seluler anda dalam sekejap.

3 Cara Hemat Kuota 

  • Menggunakan aplikasi pengurang kuota yang boros.
  • Gunakan aplikasi berbasis online secara tepat.
  • Menggunakan jaringan wifi

itulah beberapa cara sederhana hemat kuota internet, semoga membantu.

Penulis : Linta Fahmadini
Editor : Linta Fahmadini

 

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!