Table of Contents: [Sembunyikan][Tampilkan]
    1. 1.

Asuransi memang sudah menjadi hal yang umum terdengar. Meskipun demikian, masih banyak yang berpikir skeptis dan memandang negatif terhadap produk finansial ini. Agar tidak berpikiran salah, sebaiknya mengetahui apa fungsi asuransi terlebih dahulu.

Secara singkatnya, pengertian dari asuransi adalah sebuah perjanjian untuk mengalihkan suatu risiko dari pihak tertanggung ke pihak lainnya. Dalam hal ini, pihak kedua adalah insurance company.

Penjelasan Mengenai Apa Fungsi Asuransi Bagi Tertanggung

Siapa pun tidak bisa memungkiri bahwa pasti akan ada pro dan kontra terhadap sesuatu, termasuk asuransi ini. Pandangan Islam yang menyatakan jenis konvensional dari produk perlindungan tersebut tidak sesuai syariat. Namun, kini sudah ada asuransi syariah sebagai penengah. Terlepas dari pro dan kontra, mari memahami apa fungsi utama asuransi.

FUNGSI ASURANSI SEBAGAI PERLINDUNGAN FINANSIAL

1. Sebagai Perlindungan Terhadap risiko Finansial

Ada hal-hal di luar kendali yang sebenarnya memang bisa saja terjadi dan mengakibatkan kerugian secara finansial. Dalam hal meminimalisir guncangan akibat risiko inilah apa fungsi asuransi kerugian berperan.

Beberapa objek asuransi, seperti rumah, kendaraan, bahkan suatu bisnis, bisa mendapatkan perlindungan apabila terjadi kerusakan, kebakaran, kecelakaan, atau kehilangan. Dalam hal bisnis, Asuransi juga bisa menjadi pelindung terhadap risiko kerugian yang bisa saja terjadi.

Sesuai dengan kesepakatan yang tertera pada polis, pihak tertanggung mengalihkan berbagai risiko itu kepada perusahaan asuransi. Dengan demikian, tidak ada gangguan finansial akibat hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.

2. Memberi Kepastian dalam Hal Biaya Rumah Sakit

Selanjutnya, pembahasan Apa Fungsi Asuransi Kesehatan. Tidak seorang pun yang bisa memprediksi kapan dia akan sakit. Oleh sebab itu, perlu ada persiapan agar ketika mengalaminya, sudah memiliki dana cadangan untuk biaya pengobatan di rumah sakit. 

Jadi, jika ada pertanyaan tentang apa fungsi asuransi, salah satu jawabannya adalah sebagai jaminan bahwa keadaan ekonomi tidak terganggu ketika tertanggung sakit. Perusahaan asuransi akan mengganti atau membayarkan biaya pengobatannya, sesuai jenis pembayaran klaimnya. Pilihan pembayaran klaim tersebut adalah reimburse dan cashless.

3. Melindungi Guncangan Ekonomi Akibat Kematian 

Bayangkan suatu kondisi ketika di dalam sebuah keluarga hanya ada satu orang sebagai tulang punggung dan penyedia nafkah. Lalu, bagaimana apabila orang tersebut meninggal? Kondisi yang paling mungkin terjadi adalah adanya guncangan finansial dalam keluarga tersebut. Agar hal ini tidak terjadi, ada baiknya memiliki asuransi jiwa.

Apabila belum memahami apa fungsi asuransi jiwa, mari kembali pada contoh kasus di atas. Jika seseorang yang menjadi tulang punggung keluarga tersebut memiliki life insurance, maka ketika ia meninggal, keluarganya dapat mengajukan klaim. Nominal klaim, umumnya cukup besar. Jadi, bisa menjaga stabilitas finansial keluarga yang ditinggalkannya.

4. Merupakan Sebuah Bentuk Investasi

Ada beberapa jenis asuransi yang bisa sekaligus berfungsi sebagai bentuk investasi. Contohnya yang ada pada jenis unit link. Asuransi ini memadukan antara life insurance dan investasi. Selanjutnya, mari membahas tentang apa fungsi asuransi sebagai investasi.

Lebih jelasnya, nasabah bisa mengajukan klaim meskipun tidak terjadi risiko. Biasanya ada jangka waktu tertentu sesuai perjanjian, saat tertanggung bisa mengambil sebagian dananya meskipun dia tidak mengalami risiko meninggal. Contohnya adalah ketika anaknya akan masuk sekolah.

Perpaduan dalam bentuk unit link tersebut cukup menguntungkan. Hal ini karena, ketika tertanggung meninggal dunia, ahli waris tidak perlu meneruskan preminya. Adapun perlindungan investasinya tetap berjalan sesuai kesepakatan dalam polis.

5. Apa Fungsi Asuransi Bagi Stabilitas Ekonomi

Berikutnya, pembahasan dari pertanyaan mengenai apa fungsi asuransi bagi masyarakat. Jawabannya adalah untuk menjaga stabilitas ekonomi. Apabila seluruh masyarakat memiliki jaminan asuransi, maka tidak ada yang mengalami guncangan finansial, karena sudah ada pengalihan risiko.

Hal tersebut membuat perekonomian secara keseluruhan lebih stabil. Tidak ada lagi kondisi di luar dugaan yang tanpa antisipasi sebelumnya. Jadi, jawaban dari pertanyaan tentang  apa fungsi utama asuransi adalah untuk menjaga stabilitas perekonomian dengan mengalihkan risiko kepada perusahaan insurance

Sebagai biaya pengalihan risiko, tertanggung harus membayar premi. Nantinya,  premi tersebut akan menjadi kumpulan dana untuk diolah dalam bentuk investasi oleh perusahaan. Pada akhirnya, premi akan kembali kepada tertanggung dengan nilai benefit yang bertambah.

Jika menilik penjelasan di atas, pemahaman mengenai apa fungsi asuransi dapat dianalogikan sebagai sebuah payung besar yang merupakan pelindung. Setiap pemegang polis (tertanggung atau pemilik objek) terlindung di bawahnya dari segala hal yang terjadi tiba-tiba dan tidak diinginkan.

Penulis : Irena
Editor : Fauzi Rahman

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!