Untuk Kamu yang telah kerap memakai laptop ataupun pc, kegiatan screenshot layar bisa jadi bukan lagi perihal anyar. Screenshot ataupun SS, dicoba guna bermacam macam kebutuhan. Inilah ulasan mengenai beberapa cara screenshot di PC atau Laptop.

Screenshot merupakan sketsa dari hasil tangkapan layar yang dipakai buat bermacam kebutuhan. Salah satu kebutuhan yang sangat biasa misalnya untuk materi demonstrasi, ataupun hanya meng- copy, serta membagikannya ke orang lain lewat sarana sosial ataupun aplikasi chat.

Fitur screenshot telah terdapat dalam sistem operasi bawaan laptop serta Komputer, tetapi ada pula bermacam macam aplikasi screenshot layar laptop pihak ketika yang dapat diunduh dengan cara free maupun berbayar.

Cara Screenshot di PC

Perkaranya, tidak seluruh orang ketahui metode screenshot di laptop serta pc, sebab tidak semudah melaksanakannya di layar selular pintar. Walaupun sesungguhnya amat gampang dicoba, tampaknya masih banyak yang belum tahu trik screenshot laptop.

Pada postingan ini, kita menjabarkan bermacam cara screenshot di laptop serta Komputer yang gampang buat dicoba, serta cuma memerlukan durasi tidak sampai 5 menit.

Cara Screenshot di Laptop serta PC

Tiap laptop dengan sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, sampai Windows 10, mempunyai metode dasar yang serupa dalam mengaplikasikan screenshot.

Baca Juga : Cara Cek Apakah Whatsapp Kita Disadap Dan Cara Mengatasinya

Walaupun sedemikian itu, tiap sistem operasi Windows itu pula memiliki metode lain yang berlainan, serta tidak dapat dicoba pada sistem operasi yang berlainan. Selanjutnya ini cara screenshot di laptop Windows.

1. Screenshot di Laptop dengan Tombol PrintScreen

Salah satu cara screenshot di laptop dengan 1 tombol yang sangat gampang ialah dengan memencet tombol PrintScreen( prt sc). Buat lebih jelasnya, berikut tahap screenshot dengan memakai satu tombol.

  • Pertama, siapkan tampilan layar yang hendak di screenshot.
  • Berikutnya, tekan tombol Prt Sc pada keyboard. Tombol ini umumnya terdapat di sangat atas keyboard laptop, serta pada biasanya, posisi tombol ini terdapat di barisan pojok kanan atas.
  • Sehabis itu, buka aplikasi Paint bawaan Windows, kemudian tekan menu paste ataupun tekan ctrl+ v. Kamu pula dapat melaksanakan ini dengan klik kanan pada mouse ataupun mouse pad, kemudian seleksi paste.
  • Hasil screenshot layar laptop ataupun pc bakal langsung nampak di paint, berikutnya, Kamu bisa menaruh dengan memilah menu File – Save As – JPEG. Tidak hanya bentuk JPEG, Kamu pula bisa memilah bentuk gambar yang lain sesuai keperluan, misalnya PNG.

Tidak hanya memakai paint, Kamu pula dapat memakai aplikasi screenshot laptop lain semacam Microsoft Word untuk melihat hasil screenshot itu.

Yang wajib dicermati dari metode ss di laptop ini, tidak seluruh laptop dapat melaksanakan cara screenshot di atas. Sebab terdapat pula yang wajib mengkombinasikan tombol Prt Sc dengan tombol yang lain.

2. Memakai Tombol Windows+ Prt Sc

Metode screenshot di laptop ini telah bisa diaplikasikan mulai dari Windows XP populer, serta meski telah tidak diupdate lagi, metode ini pula masih bisa dicoba di Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8. 1, hingga Windows 10.

Metode screenshot di laptop Windows:

  • Tekan Logo Windows+ Print Screen( Prt Sc) dengan cara berbarengan pada keyboard pc.
  • Sehabis itu layar laptop ataupun pc bakal mengedip sesaat, hal ini membuktikan jika prosedur screenshot telah tuntas.
  • Kemudian gambar hasil screenshot bakal tersimpan dengan cara otomatis di berkas picture laptop persisnya C:\Users[nama user]\Pictures\Screenshots.

3. Memakai Snip& Sketch

Metode screenshot di laptop memakai Snip& Sketch lumayan gampang. Kita cuma butuh memencet tombol Windows+ Shift+ S. Sesudah selesai, bakal muncul jendela anyar, tempat layar yang diambil muncul.

Untuk melaksanakan screenshot di pc, cukup gerakkan kursor bersimbol+ serta taruh pada bagian layar laptop ataupun pc yang mau disimpan. Tata cara ini sama dengan kala kita mau memotong( crop) lukisan.

Bagian layar yang terekam, bakal berganti warna jadi jelas, serta sesudah selesai, hasil screenshot bakal muncul pada ujung kanan dasar layar laptop ataupun pc.

Seleksi untuk melihat hasil screenshot pada clipboard, serta memilah- milah gambar dengan meningkatkan ataupun kurangi bagian spesifik. Sesudah selesai, klik simbol bergambar disket buat menaruh hasil screenshot serta memilah berkas tempat menyimpannya.

4. Memakai Snipping Tool

Pada sistem operating Windows, ada suatu aplikasi bawaan yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini bermanfaat buat lakukan screenshot di pc serta membuat anotasinya.

Cara memakai aplikasi ini, Kamu butuh membukanya dengan metode memanggil lewat Cortana (Windows 10) ataupun klik search serta ketik snipping tool.

Sehabis aplikasi terbuka, klik new serta langsung seleksi zona screenshot yang diseleksi. Sehabis itu Kamu dapat langsung menyimpannya ataupun melaksanakan screenshot ulang apabila merasa tidak puas.

Fitur Snipping Tools ini awal kali dipublikasikan pada Windows Vista serta jadi metode ss di laptop serta pc yang sangat gampang buat dicoba.

5. Memakai Tombol Windows+ G

Cara screenshot di laptop pula dapat dicoba lewat tombol cepat, dengan metode memencet tombol Windows + G. Sehabis tombol ditekan, akan muncul bar XBOX, dimana Kamu dapat memilah Capture buat menyeleksi layar laptop dengan memilih fungsi capture.

Tidak hanya bisa melaksanakan screenshot di laptop serta pc, XBOX pula bisa dipakai buat merekam layar, serta melaksanakan live streaming kala bermain game.

Metode screenshot layar laptop serta pc memakai tata cara ini pula lumayan gampang. Sehabis Kamu memencet tombol Windows+ G, hingga hendak timbul jendela terkini. Seleksi simbol berfoto kamera buat melaksanakan screenshot.

Hasil screenshot akan muncul pada jendela Gallery serta Kamu dapat membukanya dengan metode klik tombol Open File Location yang tertetak pada pojok kanan dasar.

Perihal menarik dari tata cara ini, tidak hanya dapat melaksanakan screenshot layar laptop serta pc, Kamu pula dapat memberikan hasil screenshot ke Twitter, menyimpannya dalam clipboard, apalagi membuat meme buat diunduh ke internet.

6. Menggunakan Tombol Alt + Prt Sc

Screenshot ini bisa dilakukan di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Caranya juga hampir sama seperti sebelumnya. Di mana Anda cukup menekan tombol alt + Prt Sc.

Setelah itu, buka aplikasi Paint atau Microsoft Word untuk mem-paste hasil screenshot yang telah diambil. Selain tombol yang berbeda, cara screenshot ini juga memiliki perbedaan pada hasilnya.

Perbedaan terlihat pada hasil screenshot, dimana hanya jendela aktif saja yang akan di capture. Sementara bagian taskbar dan yang lain tidak bisa diambil screenshot-nya.

7. Menggunakan Tombol Windows + Volume Down

Cara ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna Windows Surface. Cara untuk melakukan screenshot pada perangkat ini sangat mudah, karena cukup hanya dengan menekan tombol Windows yang dibarengi dengan tombol Volume Down saja.

Untuk mencari gambar yang telah discreenshot, kita bisa menemukannya pada folder screenshot, dimana gambar tersebut akan disimpan secara otomatis.

8. Menggunakan Tools Pihak Ke-3

Cara terakhir untuk screenshot di laptop ini juga cukup mudah, yaitu dengan menggunakan tools atau aplikasi screenshot yang bayak tersedia di internet, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Beberapa tools rekomendasi kami diantaranya adalah Screenrec, Lightshot, Greenshot, dan ShareX. Selain dari empat tools tersebut tentunya masih banyak lagi yang bisa Anda temukan. Pastikan saja itu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah 8 cara screenshot di laptop dan PC menggunakan berbagai metode. Semua cara screenshot laptop yang kami sebutkan di atas sudah sangat lumrah dilakukan, namun sayang masih ada yang belum tahu.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Kini tinggal Anda yang memilih untuk melakukan cara yang mana. Selamat mencoba!

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!