Table of Contents: [Sembunyikan][Tampilkan]

Selain asuransi konvensional, di Indonesia juga tersedia jenis-jenis asuransi syariah sebagai jawaban atas keragu-raguan terhadap kehalalan conventional insurance. Dengan demikian, masyarakat kini mempunyai pilihan sebagai perlindungannya.

Jenis-Jenis Asuransi Syariah

Setiap perusahaan yang mengeluarkan asuransi syariah, memberikan banyak sekali pilihan terkait produknya., Untuk jenis jenis asuransi syariah dan contohnya dapat menyimaknya di bawah ini.

JENIS-JENIS ASURANSI SYARIAH

1. Takaful Individu

Pertama mari jelaskan jenis-jenis asuransi syariah di Indonesia. Takaful Individu adalah produk asuransi yang menawarkan perlindungan dan perencanaan bagi perorangan. Produk ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Takaful Dana Investasi Syariah: Produk ini menjamin dan menawarkan proteksi hari tua ata masa pensiun. Juga dapat memberikan garansi dana untuk ahli waris jika tertanggung meninggal dunia lebih awal. 
  • Takaful Dana Haji: Produk asuransi ini memberikan proteksi keuangan bagi perorangan yang berkeinginan dan mempunyai rencana menunaikan ibadah haji dengan keberangkatan sesuai penjadwalan.
  • Asuransi Syariah Dana Siswa: Produk asuransi syariah  ini memberikan proteksi jaminan keuangan yang bermanfaat sebagai biaya pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi
  • Takaful Dana Jabatan: Produk ini memberikan proteksi jaminan santunan kepada ahli waris dari nasabah yang memiliki jabatan, ketika meninggal saat dalam masa pertanggungan.

 2. Takaful kelompok

Jenis-jenis Asuransi Syariah, salah satunya adalah Takaful kelompok. Produk ini merupakan bentuk asuransi yang memberikan proteksi dan perencanaan bersifat kelompok dalam perusahaan tertentu.   

Untuk menjawab pertanyaan tentang Jelaskan jenis-jenis asuransi syariah dan produknya, terbagi lagi menjadi beberapa pilihan. Dapat terlihat pada penjelasan di bawah ini.

  • Takaful Al Khairat dan Tabungan: Produk asuransi ini memberikan proteksi bagi pekerja yang akan menunaikan ibadah haji melalui pendanaan berdasarkan iuran bersama. Adapun titik penjadwalan keberangkatannya akan menyesuaikan dengan giliran

Insurance product ini juga merupakan jenis-jenis produk asuransi jiwa syariah kolektif. Pengumpulan dana dapat melalui koordinasi secara berkelompok melalui institusi tertentu.

  • Takaful Kecelakaan Siswa: Produk asuransi ini memberikan perlindungan bagi pelajar dari risiko kecelakaan yang mengakibatkan cacat, bahkan meninggal dunia
  • Takaful Wisata dan Perjalanan: Produk asuransi ini memberikan perlindungan bagi para wisatawan dari risiko kecelakaan selama dalam perjalanan wisata. Kejadian ini mungkin saja mengakibatkan cacat atau meninggal dunia ketika melakukan perjalannya.
  • Takaful Kecelakaan Group: Produk asuransi ini memberikan dan menawarkan jaminan  perlindungan pekerja yang ada pada  suatu perusahaan atau organisasi tertentu
  • Takaful Pembiayaan:  Produk asuransi syariah ini memberikan perlindungan pelunasan utang bagi kreditur atau nasabah yang meninggal dunia dalam masa perjanjian hutang

2. Takaful Umum

Berikutnya adalah bentuk dari Jelaskan jenis-jenis asuransi syariah lainnya, yaitu Takaful Umum. Ini merupakan produk asuransi berbasis Syariah yang menawarkan proteksi dan perencanaan bersifat umum. Terdapat 5 jenis Asuransi Takaful umum.

  • Takaful Kebakaran: Asuransi jenis ini memberikan perlindungan dari peristiwa yang disebabkan oleh api.
  • Takaful Kendaraan Bermotor: Asuransi ini memberikan penawaran proteksi pada kerugian kendaraan bermotor nasabah akibat kerusakan, kehilangan, atau kecelakaan.
  • Asuransi Syariah Rekayasa Produk Asuransi: Ini memberikan perlindungan pada pekerjaan pembangunan terhadap kerugian yang mungkin menimpanya.
  • Takaful Pengangkutan: Asuransi ini memberikan perlindungan dan proteksi pada seluruh barang ketika proses pengangkutan melalui transportasi darat laut maupun udara.
  • Takaful Rangka Kapal: Produk Asuransi ini memberikan proteksi jika terjadi kerusakan mesin kapal serta rangkanya, akibat kecelakaan

Jenis dan Contoh Produk Asuransi Syariah

Jenis-jenis asuransi syariah dan contohnya dapat terlihat dari beberapa perusahaan yang mengeluarkan produk dengan skema sesuai syariat. Simak perusahaan asuransi yang ikut menerbitkan produk ni..

1. Manulife Syariah 

Jenis-jenis asuransi syariah, contohnya adalah perusahaan Manulife Syariah. Produk Asuransi Syariah perusahaan ini antara lain adalah Manulife Berkah Crisis cover protection, serta  Berkah Yearly Renewable Term.

Kelebihan dari penawaran perlindungan oleh Manulife Syariah adalah sistem non tunai dan reimbursement bagi nasabahnya. Dengan sistem ini, tentu saja akan memudahkan biaya pengobatan.

2. BNI Life Syariah

Bank Negara Indonesia (BNI) juga turut meramaikan pasar produk asuransi berbasis syariah dengan meluncurkan berbagai macam produknya. BNI Life  Syariah mempunyai produk asuransi jiwa Syariah dan Health Plan Syariah 

3. Jenis Asuransi Syariah FWD Life

Perusahaan asuransi ini juga hadir dengan produk perlindungan kesehatan keluarga syariah yang terkenal dengan bebas handal. Keuntungan produk ini juga menggunakan non tunai dan pembelian polisnya bisa secara online

4. Panin Syariah

Bank Panin yang kredibilitasnya sudah terkenal luas juga ikut menawarkan asuransi berbasis Syariah. Bahkan, majalah investor memberikan penghargaan kepada Panin Syariah sebagai perusahaan dengan Asuransi Syariah terbaik di Indonesia.

Adanya asuransi jiwa syariah oleh perusahaan-perusahaan asuransi tersebut, memudahkan dalam menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Dari tersedianya jenis jenis asuransi syariah, Tentu tidak ada lagi pertanyaan tentang kehalalan asuransi dan pengelolaan dananya. 

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!