Cara Memilih niche blog merupakan bagian penting sekaligus langkah awal yang sering diabaikan dalam blogging.

Padahal, dengan memilih situs yang tepat, sebuah blog akan menjadi lebih kuat dan lebih berpeluang menjadi ‘penghasil uang’ bagi Anda.

Dengan pemilihan niche yang tepat, blog akan lebih mudah menghasilkan uang dan tidak akan berhadapan langsung dengan situs yang sudah memiliki otoritas tinggi.

Bagi yang baru pertama kali ngeblog, jangan khawatir karena artikel ini masih baru bagi pemula atau pemula, jadi mudah diikuti dan bisa digunakan, asal baca sampai habis dan ambil. aksi Cepat.

Dengan postingan ini, ada beberapa tips praktis yang dapat Anda lakukan tentang cara memilih situs blog yang tepat dan menguntungkan, sehingga blog Anda akan penuh pengunjung dan dapat menjadi sumber pendapatan.

Apa itu niche?

Sederhananya, NICHE adalah PEKERJAAN HEBAT untuk sebuah blog.

Ketika blog Anda sudah siap, topik apa yang akan Anda bahas di dalamnya? Anda harus mengetahuinya mulai sekarang.

Jika Anda melihat blog sugeng.id misalhnya, Anda akan dengan mudah mengetahui bahwa blog tersebut memiliki niche pembahasan blog, seperti yang terlihat pada artikel-artikel yang tidak melenceng dari topik utama.

Baca Juga : Cara Membuat Blog : Panduan Lengkap Hingga Jadi Jutawan

Kiat PRO:
Jangan memilih ceruk campuran atau gado-gado. Niche gado-gado berbicara tentang segala sesuatu dalam satu blog (tidak ada topik besar). Ini akan membuat blog Anda tidak relevan dan memiliki citra negatif di mata Google dan pembaca.

Sekarang, pertanyaannya adalah: blog apa yang Anda ingin dikenal?

Jika Anda masih bingung bagaimana mengetahui niche, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

Tips Memilih Niche Blog yang Tepat

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengidentifikasi niche blog. Baca perlahan untuk memahami makna teks.

1. Mulailah dengan apa yang Anda suka

Saran pertama dan termudah adalah memilih niche blog berdasarkan apa yang Anda sukai dan berapa banyak orang yang menginginkannya.

Mengapa harus tergantung pada keinginan Anda?

Karena tujuan Anda adalah membangun blog ini sejak lama, bukan? Bukan karena kebetulan atau coba-coba. Jika Anda membuat blog hanya untuk mencobanya, saya sarankan Anda tidak melakukannya sama sekali, itu membuang-buang waktu dan energi Anda.

Bagian tersulit tentang blogging bukanlah teknik melakukannya, tetapi konsistensi untuk terus meningkatkan konten.

Jika Anda tidak menyukai artikel tersebut, bagaimana Anda bisa tertarik untuk menulisnya, dan mulailah dengan apa yang Anda sukai terlebih dahulu.

Setidaknya ada 2 pertanyaan yang harus Anda jawab:

  • Apa yang kamu suka?
  • Apakah ini yang benar-benar diinginkan orang?

Contoh:

Jika Anda suka bepergian, Anda dapat memilih tempat untuk mengunjungi blog Anda.

Namun tidak berhenti sampai di situ, Anda harus menjawab pertanyaan berikut, apakah orang ingin sesuatu yang berhubungan dengan wisata?

Jika tampaknya permintaan tinggi, Anda dapat memilih ceruk itu.

Pastikan minat Anda juga banyak dicari oleh banyak orang.

Contoh lain:

Jika Anda suka makan, Anda bisa memilih niche kuliner dan menjadi food blogger.

Untuk berita, Anda bisa menulis tentang review makanan, ide restoran, tips memasak, berbagi kosmetik, dan masih banyak lagi yang bisa Anda sarankan.

2. Apa topik favorit Anda saat membicarakannya?

Kedua, pilih ceruk berdasarkan topik jika Anda berbicara tentang Anda tidak pernah lelah dan sangat antusias.

Ini dapat memengaruhi pekerjaan, hobi, atau kehidupan sehari-hari Anda.

Saat memilih situs blog, Anda tidak perlu ahli di bidangnya, yang penting Anda bersemangat untuk membahasnya, sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam menulis artikel.

Untuk memastikan Anda antusias atau tidak, cobalah menulis 5 judul blog yang akan Anda tulis nanti, tergantung topik yang Anda pilih.

Contoh:

Jika saya antusias dan bersemangat tentang film, saya akan menulis blog dengan judul:

  • Film terbaik yang bisa kamu tonton di tahun 2020
  • Review film Black Widow
  • Rekomendasi tempat nonton bioskop di bandung
  • 5 Pemain Pria Terbaik di Marvel Cinematic Universe
  • 7 Peristiwa Menakjubkan di Avengers Infinity War

Jika Anda bisa menuliskannya, maka Anda terbukti bersemangat membahas hal ini, dan Anda bisa menggunakannya untuk niche blog.

3. Lakukan riset sederhana

Ketiga, lakukan riset sederhana untuk menentukan apakah topik yang kita bahas relevan atau tidak, tips ini merupakan pengembangan dari tips pertama yang kita bicarakan sebelumnya.

Proses pencariannya juga sederhana, Anda bisa melihatnya di Google Trends. Tulis judul pilihan Anda dan tekan enter, misalnya saya mengetik “Travel”.

Kemudian lihat apakah topik tersebut populer atau tidak.

Google Trends menggunakan rentang persentase dari 0-100, yang berarti lebih banyak penelusuran yang lolos.

Dengan data ini, Anda dapat melihat apakah topik sedang dicari secara perlahan dari waktu ke waktu atau sewaktu-waktu.

Jika melihat gambar di atas, judul pergerakannya adalah rate yang seimbang karena grafik di tengah, atas dan bawah tidak terlalu penting.

Coba bandingkan jika Anda memilih topik seputar “Natal”, maka Anda dapat melihat bahwa topik tersebut hanya dieksplorasi di akhir tahun, selebihnya sepi, jadi hindari topik seperti ini.

4. Pastikan niche menguntungkan

Jika Anda ingin menghasilkan uang dengan blog, pastikan niche yang Anda pilih adalah tempat yang menguntungkan sehingga bisa menjadi ‘penghasil uang’ Anda.

Proses reviewnya sangat sederhana, cek apakah ada orang yang memasang iklan di area yang Anda pilih, masukkan topik pilihan Anda di Google.co.id.

Tuliskan niche yang ingin Anda pilih.

Ternyata banyak orang yang mengiklankan niche “Pemasaran Digital”, yang berarti topik ini sangat diminati dan lalu lintasnya mungkin tinggi.

Namun, jika Anda tidak menemukan iklan orang lain untuk niche Anda, bukan berarti tidak menguntungkan, mungkin karena tidak banyak perusahaan yang bermain di area tersebut.

Perlu Anda ketahui, ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog, yang paling populer adalah Google Adsense, cara melakukannya akan saya bahas di artikel tersendiri serta sumber pendapatan lain dari blog.

Kesimpulan

Untuk membangun sebuah blog, diperlukan pemilihan niche yang tepat. Dengan niche yang tepat, blog dapat berkembang dan berpotensi menghasilkan banyak uang untuk Anda.

Jadi, niche mana yang akan Anda pilih? Mari kita bicarakan di kolom komentar, saya akan dengan senang hati membantu Anda.

Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!