Perlu pemasangan parabola jika anda ingin menikmati hiburan televisi. Cara memasangnya tidak sulit dan sangat mudah dikerjakan sendiri pun bisa. Pasang parabola dirumah sangat cocok bagi yang wilayahnya tidak memiliki sinyal cukup bagus.

Layanan profesional mungkin diperlukan dalam beberapa kasus untuk memasang antena parabola karena ukurannya besar dan kerumitannya. Eits, sulit bagi yang belum tau ilmunya. Kalau mau tau cara memasang parabola baca saja petunjuk pemasangan parabola untuk rumah.

Pertanyaannya, bisakah kita menyelesaikan ini semua sendiri dan tidak mengandalkan jasa atau orang lain?

Pahami  tutorial ini jika Anda ingin mempelajari cara memasang parabola di rumah Anda!

Urutan cara pasang parabola 

CARA PASANG PARABOLA

Memilih Jenis Parabola yang Berkualitas

Belajar memasang parabola rumah dimulai dengan memilih jenis antena parabola yang paling cocok untuk situasi atau keadaan wilayah  Anda.

Untuk menerima sinyal satelit, piringan satelit terbaik membutuhkan piringan padat atau jaring berdiameter 182 cm.

Biasanya, piring padat 182 cm digunakan di rumah karena harganya lebih terjangkau  dan rata-rata setiap lokasi pembelian barang itu tersedia. 

Menyiapkan Alat Pasang

Sama seperti antena, kita memerlukan peralatan tambahan untuk memasang parabola dengan benar.

Obeng, kunci pas ukuran 10, 17, dan 19, dan palu adalah semua yang Anda perlukan untuk mengencangkan baut ke LNB. Kemudian siapkan kompas jika diperlukan untuk menentukan arah mata angin  supaya LNB sesuai.

Cari Tempat Memasang Parabola

Tahap selanjutnya adalah menentukan di mana tiang penyangga akan ditempatkan.

Untuk menghindari mengganggu orang lain, pastikan anda menempatkan parabola di wilayah pekarangan pribadi. Kemudian jangan ditempatkan di ketinggian yang susah dijangkau karena akan mempersulit proses pemasangan dan pembenahan jika terjadi suatu hal. Namun juga usahakan jangan terlalu rendah sehingga bisa mengganggu lalu lalang atau membahayakan orang.

Tidak boleh ada pohon atau penghalang yang menghalangi tiang penyangga yang akan di-alokasikan, serta tidak ada atap rumah di sekitarnya yang menghalangi pemasangan.

Agar parabola lebih aman sebaiknya tiang penyangga diberi cor semen agar kuat dan tidak mudah goyang atau ambruk ketika ada hembusan angin kencang.

Parabolic Dish siap untuk dipasang.

Sebelum mencoba memasang antena parabola, siapkan alat bahan yang digunakan untuk mengecor agar menyatukan antara penyangga parabola dengan tempat memasang.Pasang parabola sedemikian rupa sehingga tampak lurus dan seimbang.

Untuk menghindari korsleting, perhatikan area di sekitar antena dan jauhkan dari kabel arus listrik lainnya

Pasang Baut dengan Kencang Agar Aman

Periksa apakah baut yang menahan piringan di tempatnya, terutama di dasar antena, sudah aman apa belum. Jika belum kencang  pastikan baut terpasang dengan kencang menyatu dengan erat. Sesuaikan baut sesuai dengan nomor kunci cincin untuk memastikan kekencangan maksimum.

Parabola juga harus diarahkan ke haluan yang benar untuk menerima sinyal wad wud / lancar di stasiun TV yang dipilih.

Pasang LNB dan Konektor Parabola Ke Receiver

Bagian ini akan menentukan kualitas gambar di TV atau saluran apa pun yang dikumpulkan oleh pengguna  parabola. Pada proses memasang LNB dan konektor ke receiver kualitas gambar pada chanel tv akan terlihat.

Jika sinyal dianggap bagus tidak perlu di otak atik lagi. Sedangkan chanel yang sinyalnya grak grek atau kurang bagus perlu anda benahi, itupun chanel tv yang anda minati saja, tidak perlu keseluruhan.

Pastikan antara antena parabola, receiver dan televisi sudah tersambung. 

Atur Satelit

Untuk menghasilkan kualitas gambar atau sinyal yang mantap biasanya para pengguna saluran TV konvensional menggunakan pancaran sinyal Palapa D. Sekarang, Palapa D kabarnya sudah digantikan satelit Telkom-4. Parabola yang bisa langsung otomatis menerima sinyal Palapa D yaitu jenis 2 LNB atau 4 LNB.

Atur Sinyal.

Anda dapat menentukan arah mana yang menerima sinyal terkuat dengan menggeser parabola ke kanan atau kiri.

Parabola Anda dapat dipindahkan secara otomatis, membuat prosesnya lebih nyaman. Anda dapat mengotomatiskan operasi ini jika Anda mau.

Merapikan peralatan

Setelah semua tahap diatas sudah dilakukan, tv bisa dilihat gambarnya dengan baik. Rapikan semua alat dan bahan yang digunakan saat proses pemasangan parabola.

Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Salam mr-ell.com.

Incoming search terms:

  • Cara pasang parabola di atap rumah
Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!