Apa itu SEO Blog – Blogger dan pemilik situs web yang telah bermain blogging untuk jangka waktu yang lama pasti akan memahami apa itu optimasi mesin pencari dan signifikansinya dalam dunia blogging.

Namun, untuk tujuan startup, kita perlu membahas lebih detail tentang apa itu optimasi mesin pencari, signifikansinya, dan apa isinya.

Apa itu SEO Blog?

Kebanyakan orang melupakan optimasi mesin pencari karena kerumitan yang dirasakan dalam mengoptimalkan situs web. Sebagai gantinya, mereka fokus untuk membangun kehadiran media sosial mereka dan menghasilkan lalu lintas dari sana.

Apa itu SEO Blog

Terlepas dari bagaimana Anda mengungkapkannya, optimisasi mesin pencari adalah jalan yang diperlukan jika Anda ingin situs atau konten Anda berada di halaman pertama Google.

Apa itu optimasi mesin pencari?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO tidak berdiri sendiri; itu terdiri dari berbagai komponen, termasuk kata kunci, SEO pada halaman, dan konten.

Ini adalah prosedur langkah demi langkah yang menghasilkan dan meningkatkan kesadaran merek secara online. Itu juga menghasilkan lalu lintas, yang meningkatkan prospek Anda. Dan berfungsi sebagai dasar untuk peringkat mesin pencari.

SEO adalah komponen penting dari blogging karena memungkinkan Anda memahami jenis kueri yang dimasukkan pengguna ke mesin telusur seperti Google.

Selain itu, ini memungkinkan mesin pencari untuk dengan mudah menemukan situs Anda, memahami informasinya, dan mengindeksnya dengan cepat. SEO membuka jalan bagi pengalaman pengguna yang positif.

Dasar-dasar SEO

Dasar-dasar SEO meliputi:

kata kunci

Kata kunci adalah komponen penting dari pendekatan SEO. Mereka adalah kata atau frasa yang paling menentukan konten situs web Anda. Selain itu, ini adalah kata, frasa, atau kueri yang dimasukkan oleh pencari ke dalam mesin pencari untuk memulai pencarian.

Kata kunci sama pentingnya dengan konten Anda seperti halnya ragi pada roti.

Sebagai pemilik situs web, Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kata kunci yang Anda targetkan relevan dengan apa yang dicari oleh mesin pencari.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan penjelajah kata kunci atau alat SEO berbayar lainnya untuk memverifikasi bahwa kata kunci tersebut memiliki volume pencarian yang besar dan tingkat kesulitan kata kunci yang rendah; ini akan menyederhanakan proses peringkat.

Sangat menggelikan bagi pemula untuk menargetkan frase dengan volume pencarian yang tinggi dan persaingan yang ketat; kenyataannya adalah bahwa situs Anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan peringkat.

Selain itu, Anda harus menggunakan long-tail keyword. Saya tidak akan menyarankan Anda untuk menggunakan long-tail keyword sebagai pemula karena tingginya tingkat persaingan.

Ini tidak tepat; Anda tidak tahu apa yang dicari oleh mesin pencari.

Menggunakan long-tail keywordadalah strategi terbaik karena ada sejumlah besar long-tail keyword yang tersedia dengan sedikit persaingan, yang menawarkan peluang bagi pemula seperti Anda untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari.

Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyertakan istilah target Anda di URL, teks alternatif gambar, dan deskripsi meta.

Ini menginformasikan mesin pencari tentang subjek blog Anda.

Selain itu, ini adalah teknik SEO yang penting.

Konten

Konten sangat penting untuk SEO karena memungkinkan Anda menjangkau dan melibatkan audiens Anda. Sebelum menghasilkan konten, pertimbangkan nilai yang akan Anda berikan kepada audiens target Anda.

Kenali jenis konten yang diinginkan pelanggan. Jenis informasi tertentu akan meminta Anda untuk mendaftar, sementara yang lain akan meminta Anda untuk menyelidiki secara detail.

Namun, beberapa konten juga khusus untuk audiens.

Untuk memastikan bahwa materi Anda terbaca dan jelas, Anda dapat melakukan pencarian untuk maksud pencari pada istilah yang Anda targetkan menggunakan LSIGraph atau dengan mengunjungi bagian ‘Orang Juga Bertanya’ Google.

Saya tidak menyarankan Anda menyalin semua saran di atas, tetapi Anda dapat menggunakannya untuk membuat subjudul Anda dan menyusun konten Anda di sekitar maksud para pencari.

Tanggung jawab Anda sebagai pemilik situs tidak hanya menyediakan materi; itu juga untuk memberikan jawaban praktis atas pertanyaan pengguna Anda.

Tambahkan gambar ke postingan Anda untuk menghidupkannya.

Dengan menyertakan grafik dalam posting Anda, Anda dapat menarik perhatian audiens Anda dan memastikan bahwa mereka memahami konten posting Anda.

SEO ON-PAGE

SEO On-page mengacu pada proses mengoptimalkan konten halaman web Anda untuk mesin pencari dan penggunanya.

Ini mencakup peningkatan deskripsi meta, URL, dan gambar Anda, antara lain.

SEO pada halaman sangat penting karena ini menunjukkan kepada mesin pencari bahwa halaman web Anda berisi informasi yang cukup tentang istilah yang ditargetkan.

Panduan Langkah-demi-Langkah untuk SEO On-Page

Berikut ini adalah tutorial langkah demi langkah untuk melakukan SEO on-page.

Paragraf pembuka teks Anda harus berisi kata kunci Anda.

Jika Anda membuat artikel tentang ‘Plugin WordPress Terbaik’, paragraf pertama harus berisi kata kunci ‘Plugin WordPress Terbaik’.

Google lebih mementingkan istilah yang muncul pertama kali di halaman Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah menjamin bahwa kata kunci yang Anda targetkan muncul di dalam 100 kata pertama dari teks Anda.

Judul posting blog Anda harus dalam tag H1

Menyertakan judul artikel blog Anda dalam tag H1 memberi tahu Google dan pembaca Anda tentang struktur halaman.

Sementara beberapa platform blogging, seperti WordPress, secara otomatis menyertakan tag H1 di judul posting blog Anda, yang lain tidak.

Dalam skenario ini, Anda harus memasukkannya secara manual. Yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kode konten judul Anda untuk memastikannya termasuk dalam tag H1.

Optimalkan tag judul Anda untuk visibilitas mesin pencari

Ini adalah aspek paling penting dari SEO on-page. Ini memberi mesin pencari gambaran umum tentang materi di situs web Anda.

Kata kunci tujuan Anda akan muncul di dekat awal tag judul Anda. Perhatikan tag judul gambar di bawah ini.

SubHeading Anda harus diberi tag dengan atribut H2

Istilah target dan tag H2 Anda akan muncul di salah satu subpos Anda.

Manfaatkan tautan keluar (Outbond Links)

Outbond link adalah link dari website Anda ke domain lain.

Mereka adalah komponen penting dari optimasi mesin pencari karena mereka memberi tahu mesin pencari tentang topik niche Anda.

Selain itu, ini berkontribusi pada kepercayaan mesin pencari dan kualitas situs Anda, karenanya memainkan peran penting dalam SEO Anda.

Pasang Kata Kunci yang Anda inginkan di URL Anda

Pastikan URL Anda ringkas dan berisi kata kunci yang Anda inginkan.

Untuk informasi tambahan, silakan lihat gambar di bawah ini.

Optimalkan deskripsi meta Anda untuk visibilitas mesin pencari

Deskripsi meta juga berfungsi untuk tingkatkan SEO

Ini adalah ringkasan 160 karakter dari konten halaman Anda yang menginformasikan pengunjung tentang tujuan halaman.

Istilah “deskripsi meta” digunakan pada gambar di atas.

Manfaat dari deskripsi meta adalah ketika ditulis dengan baik, mereka dapat secara signifikan meningkatkan Click Through Rate (CTR) situs Anda.

Selain itu, kata kunci Anda harus muncul setidaknya sekali dalam deskripsi meta Anda.

SEO pada halaman dapat dilakukan dengan menggunakan plugin seperti Rank Math, Yoast SEO, dan All in one SEO.

Off-Page SEO

SEO di luar halaman mencakup semua operasi yang dilakukan di luar situs web untuk meningkatkan peringkat mesin pencari halaman.

Ini mencakup pembuatan dan akuisisi tautan, SEO lokal, dan berbagi media sosial, antara lain.

SEO di luar halaman sangat penting untuk keberhasilan situs web Anda karena ini memberi tahu mesin pencari betapa pentingnya situs web Anda dalam kaitannya dengan situs web lain.

Semakin banyak backlink yang diterima situs web, semakin besar kemungkinan untuk mencapai peringkat mesin pencari yang lebih tinggi.

SEO di luar halaman memainkan peran penting dalam meningkatkan otoritas situs Anda.

Otoritas situs berpengaruh pada posisi mesin pencarinya; dalam hal konten, situs dengan otoritas yang lebih rendah tidak dapat mengungguli mereka yang memiliki otoritas lebih.

Link building merupakan salah satu variabel ranking yang digunakan oleh Google.

Di luar pembuatan tautan, ada strategi SEO off-page lebih lanjut yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan otoritas situs Anda.

Berikut ini adalah daftarnya:

  • membangun hyperlink
  • Mengembangkan merek
  • pemasaran melalui konten
  • berbagi di media sosial
  • optimasi mesin pencari lokal

Apa Perbedaan Antara SEO On-Page dan Off-Page?

Plugin SEO WordPress yang direkomendasikan:

  • Optimasi Mesin Pencari Yoast
  • Paket SEO All-in-One
  • Rankmath
  • SeoPress

Seperti yang mungkin Anda ketahui, Yoast adalah salah satu plugin SEO paling populer untuk WordPress; jadi, jika Anda ingin mengkonfigurasi Yoast dengan benar, silakan lihat posting saya ” Cara Mengkonfigurasi Yoast SEO Di WordPress (Langkah demi Langkah) “.

Dua elemen diperlukan untuk SEO off-page:

  • Kerja Keras
  • Kesabaran

SEO membutuhkan setidaknya tiga hingga empat bulan. Itulah mengapa kesabaran adalah komponen paling penting dalam membuat situs web/blog yang ramah SEO. Mengharapkan hal-hal untuk mengambil waktu.

Apa pentingnya optimasi mesin pencari?

SEO meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web

Saat kueri dimasukkan ke mesin pencari, pengguna sering mengklik lima halaman pertama yang muncul.

SEO membantu peringkat situs Anda lebih tinggi di mesin pencari, meningkatkan visibilitas situs Anda secara online dan menghasilkan lebih banyak prospek yang mengklik situs Anda.

Lalu lintas organik ditingkatkan dengan SEO

Tujuan utama untuk meningkatkan posisi mesin pencari Anda adalah untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

Setelah ini tercapai, Anda biasanya akan menerima peningkatan klien dan prospek.

Ini memberi Anda keunggulan dibandingkan pesaing Anda

Mengoptimalkan situs Anda tidak hanya meningkatkan peringkat mesin pencari Anda, tetapi juga memungkinkan Anda untuk tetap berada di depan pesaing Anda.

Semakin baik peringkat mesin pencari Anda, semakin jauh Anda dari lawan.

Ini membuka jalan bagi pengalaman pengguna yang positif

Google semakin peduli dengan memberikan nilai kepada penggunanya, yang menyoroti pentingnya meneliti situs Anda secara menyeluruh.

Selain menawarkan informasi berkualitas tinggi, kecepatan pemuatan halaman Anda juga berperan dalam penilaian Anda.

Semakin lama halaman Anda dimuat, semakin tinggi rasio pentalan Anda.

Pengunjung biasanya akan meninggalkan situs yang membutuhkan banyak waktu untuk memuat.

Waktu yang dibutuhkan halaman Anda untuk memuat juga merupakan faktor peringkat di Google.

Meningkatkan kecepatan pemuatan halaman Anda, serta SEO di halaman dan di luar halaman, semuanya berkontribusi pada pengalaman pengguna yang luar biasa.

Mungkin Anda juga membutuhkan informasi berikut ini :

  1. Cara Mebuat Blog di Blogger dari Nol Hingga dapat Dollar [Panduan Blogger Pemula 2022]
  2. Mengenal Menu Dashboard Blogger dan Fungsinya
  3. 21 Cara Agar Blog Tidak di Copas [Panduan Blogger Pemula 2022]
  4. Tips Membuat Halaman About Us [Panduan Blogger Pemula 2022]
  5. Cara Membuat Laman Contact Us di Blogger [Panduan Blogger Pemula 2022]
  6. Cara Membuat Halaman Peta Situs HTML & XML di Blogger [Panduan Blogger Pemula 2022]
  7. Cara Verifikasi Blogger ke Google Search Console [Panduan Blogger Pemula 2022]
Bagikan:

Mr Ell

Learn More Gain More, Tak ada yang tidak mungkin selama kita mau belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Jangan Klik Kanan Bro!